Samakan Pendapat, Para Menko Kabinet Kerja Akan Gelar Pertemuan Reguler

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 Agustus 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 21.820 Kali
Menko Polhukam Luhut B. Pandjaitan, Menko Perekonomian Darmin Nasution, dan Menko Kemaritiman Rizal Ramli, didampingi Seskab Pramono Anung, dalam pelantikan menteri baru, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8) lalu

Menko Polhukam Luhut B. Pandjaitan, Menko Perekonomian Darmin Nasution, dan Menko Kemaritiman Rizal Ramli, didampingi Seskab Pramono Anung, dalam pelantikan menteri baru, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8) lalu

Para menteri koordinator Kabinet Kerja, yakni Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli,sepakat bertemu secara teratur untuk berkoordinasi demi mencegah silang pendapat.

“Kami akan lakukan pertemuan reguler. Itu mengoordinasikan semua masalah di kementerian serta lembaga kami dan bidang-bidang yang beririsan dengan menko yang lain. Dengan begitu kami berharap kabinet ini suaranya satu,” kata Menkopolhukam Luhut Pandjaitan usai rapat tersebut di Kemenpolhukam, Jakarta, Selasa (18/8).

Luhut tidak memungkiri perbedaan-perbedaan pendapat antarmenko, namun itu tidak menjadi masalah karena akan dibicarakan dan diselesaikan secara bersama-sama secara internal.

Luhut menambahkan pertemuan menko ini akan dilakukan sekali dalam dua minggu atau sekali dalam tiga minggu di mana para menko akan bergantian menjadi tuan rumah.

“Setelah ini akan dilakukan di tempat Pak Darmin, kemudian di tempat Pak Rizal, setelah itu di tempat Ibu Puan,” kata Luhur.

Namun, lanjut Luhut, pertemuan juga bisa dilaksanakan di luar jadwal reguler yang telah disepakati, jika ada isu-isu penting yang mendesak untuk dibahas. “Misalnya ada hot issue di bidang Ibu Puan, kami akan bertemu di sana, begitu seterusnya. Sehingga koordinasi tetap terjaga dan tidak ada lagi menteri yang mengeluarkan pernyataan tanpa koordinasi,” ujarnya.

Sementara Menko PMK Puan Maharani mengatakan, bahwa keempat menteri koordinator harus kompak mengoordinasikan dan mengendalikan seluruh kementerian dan lembaga di bawah masing-masing menko.

“Agar iramanya senada dan ada sinergitas program kebijakan, supaya rakyat bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar Puan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menambahkan, keempat menteri koordinator saat ini memiliki kekompakan dan komitmen sama. “Hubungan personal dan emosional di antara kita berempat bagus. Kami melakukan dengan semangat yang sama agar Indonesia lebih hebat dan maju,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang meyakini para menko bisa bekerja dengan baik.

“Memang dalam rapat tadi kami belum masuk ke teknis. Tapi kami memiliki prinsip yang sama dan karena itu saya yakin dapat berkoordinasi dengan baik,” ujar Darmin. (WID/ES)

Berita Terbaru