Samakan Visi, Mendagri Akan Panggil Semua Kepala Daerah

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 29 Oktober 2014
Kategori: Nusantara
Dibaca: 18.085 Kali

CahyoMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan memangil  seluruh gubernur, bupati, dan wali kota di Jakarta pekan depan, dalam rangka menyamakan visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan program kerja jangka pendek, menengah dan panjang.

“Saya akan memanggil seluruh gubernur, tidak boleh diwakilkan, bupati dan wali kota tidak boleh diwakilkan, kecuali sakit,” kata Tjahjo  dalam wawncara dengan TVOne, di Jakarta, Rabu (29/10).

Dalam pertemuan dengan seluruh kepala daerah itu, kata Tjahjo, akan disampaikan pengarahan kebijakan jangka pendek, menengah dan panjang dari Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

Mendagri Tjahyo menambahkan pada  pertemuan yang akan dilaksanakan pekan depan itu, dia juga akan membahas perubahan  beberapa kementerian baru dan dampaknya  terhadap pemerintah daerah.

Mendagri memberi contoh perlunya koordinasi dengan beberapa kementerian terkait yang tugas, pokok, dan fungsinya berkaitan dengan Kemendagri. Seperti Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Selama ini, di Kemendagri terdapat Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa. Namun, dibentuknya kementerian khusus yang menangani desa memungkinkan adanya peleburan unit tersebut.

Kepada para kepala daerah. Tjahjo ingin menegaskan  pemangkasan mekanisme birokrasi tidak agar tidak berbelit-belit. Bila selama ini disposisi dan kebijakan harus melewati rangkaian panjang dari sekjen ke menteri, lalu ke pejabat eselon I hingga III, maka dia menginginkan ada perubahan.

Politisi senior PDIP ini mengharapkan disposisi yang berbelit dipangkas. Dari menteri langsung ke sekjen untuk segera dilaksanakan.(WID/ES)

Nusantara Terbaru