Samarinda Akan Gelar Festival Mahakam 2015

Oleh Alfurkon Setiawan
Dipublikasikan pada 6 Oktober 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 12.271 Kali

hudogKota Samarinda kembali menggelar pesta rakyat Festival Mahakam  6 – 8 November 2015. Ferstival Mahakam 2015 akan menampilkan atraksi seni budaya, parade hudog, musik, flying board, lomba kuliner.

“Festival Mahakam ke XV (Fesma’15) sebagai ajang pesta rakyat warga Kota Samarinda pada tanggal 6-8 November 2015 nanti.” kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo Kota Samarinda,  HM Faisal, Selasa (6/10).

Faisal menambahkan, pesta rakyat akan dimeriahkan  Mahakam Sampe Music Festival sebuah acara spesial yang menampilkan kelompok musik dari berbagai genre dengan alat musik utamanya adalah Sampe atau Sape.

“Kami mengundang beberapa musisi dari wilayah Kalimantan dan mudahan di tahun-tahun mendatang bisa se-level Borneo, salah satu groupnya adalah YK Band yang merupakan andalan kota Samarinda dengan genre music Jazz, beberapa seniman dari Desa Budaya Pampang, dan para musisi dari kota lain.” kata Faisal.

Menurut Faisal, agenda tahun ini terbagi dalam empat kluster, yakni acara-acara di perairan sungai mahakam, acara di Tepian Mahakam, acara khas seni budaya dan special event. Masing-masing kluster terdiri atas tujuh kegiatan acara.

“Ada peningkatan jumlah kegiatan acara dari sebanyak 21 jenis tahun lalu menjadi 28 kegiatan pada tahun ini, walaupun secara ketersediaan anggaran di APBD menurun drastis dan kami tetap sangat optimis semua dapat berjalan dengan sukses” kata Faisal.

Masyarakat yang ingin turut serta dalam kemeriahan festival, dapat menghubungi  Kantor Disparkominfo Jalan Dahlia Nomor 69 Samarinda. (WID/ES)

Nusantara Terbaru