Sambut HUT dan Hari Ibu, DWP Setkab Gelar Webinar Manajemen Keluarga Saat Pandemi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 11 Desember 2020
Kategori: Berita
Dibaca: 243 Kali

Penasihat DWP Setkab Hani Pramono Anung memberi sambutan pada webinar  “Transformasi dan Strategi Manajemen Keluarga Harmonis di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru: Peluang dan Tantangan Menyambut Tahun 2021”, Jumat (11/12/2020) siang. (Foto: Humas/Teguh)

Dharma Wanita Persatuan Sekretariat Kabinet (DWP Setkab) menggelar Webinar “Transformasi dan Strategi Manajemen Keluarga Harmonis di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru: Peluang dan Tantangan Menyambut Tahun 2021”, Jumat (11/12/2020) siang.

Webinar ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-21 Dharma Wanita Persatuan, sekaligus menyambut Hari Ibu dan merupakan program akhir tahun DWP Setkab.

“Juga dalam rangka melaksanakan salah satu tugas pokok Dharma Wanita Persatuan, yaitu melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian serta berbudi pekerti yang luhur,” ujar Penasihat DWP Setkab Hani Pramono Anung saat memberikan sambutan pada webinar tersebut.

Hani menyampaikan, Indonesia beserta negara-negara lain di dunia saat ini tengah menghadapi pandemi COVID-19 yang belum dapat diketahui kapan akan berakhir.

“Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi pandemi ini, mulai dari PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), pemberian bantuan sosial, sampai dengan penyediaan vaksin yang sudah sampai ke Indonesia,” jelasnya.

Meskipun pemerintah telah mendatangkan vaksin, Hani mengingatkan anggota DWP Setkab untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan COVID-19.

“Pandemi yang telah berlangsung selama sembilan bulan lebih ini telah mengubah cara kita melakukan aktivitas sehari-hari. Kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru, misalnya membiasakan diri melakukan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” tegasnya.

Lebih lanjut Hani mengatakan, pandemi juga membuat perubahan dalam cara bekerja. Ia mencontohkan, pegawai ASN yang sebelumnya bekerja dari kantor (work from office) saat ini dianjurkan untuk bekerja dari rumah (work from home).

Hani menilai, hal tersebut ada baiknya. Dengan bekerja dari rumah dapat membuat hubungan antaranggota keluarga lebih erat dan harmonis, karena dapat melakukan aktivitas bersama dan melakukan komunikasi yang lebih intens.

“Di sisi lain bagi para ibu, terutama ASN perempuan, bekerja dari rumah ternyata ada tantangan tersendiri. Sebab, selain bekerja dari rumah, para ibu juga harus mengurus suami, mendampingi anak belajar di rumah, dan tetap melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari,” ungkapnya.

Menurut Hani, dengan bertambahnya beban tugas di masa pandemi ini, dapat mengakibatkan para ibu mengalami kelelahan secara fisik dan mental. Jika keadaan tersebut tidak dikelola dengan baik, lanjutnya, dikhawatirkan dapat menimbulkan ketidakharmonisan dalam keluarga.

“Dengan webinar ini, mudah-mudahan kita mendapat pencerahan dari narasumber. Bagaimana kiat menjaga keluarga yang harmonis di masa pandemi dan bagaimana menciptakan hubungan antaranggota keluarga yang lebih baik lagi di masa mendatang,” pungkasnya.

Webinar yang diikuti oleh sekitar 70 peserta yang terdiri dari pejabat/pegawai Setkab, tamu undangan, dan anggota DWP Setkab ini menghadirkan dr. Aisah Dahlan sebagai pembicara. (TGH/UN)

Berita Terbaru