Sambutan Presiden Joko Widodo pada Buka Puasa Bersama Presiden Republik Indonesia dengan  Keluarga Besar TNI-Polri dan Masyarakat, 5 Juni 2018, di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 5 Juni 2018
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 2.854 Kali

Logo-Pidato2Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati Wakil Presiden Republik Indonesia beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla,
Yang saya hormati para ketua dan pimpinan-pimpinan lembaga negara,
Yang saya hormati para menteri Kabinet Kerja,
Yang saya hormati Panglima Tentara Nasional Indonesia dan Kapolri beserta seluruh jajaran dan keluarga besar prajurit TNI dan Polri,
Yang saya hormati para senior TNI dan Polri,
Bapak-Ibu sekalian hadirin yang berbahagia.

Sebelum memasuki bulan puasa tahun ini, bangsa kita, negara kita mengalami rangkaian aksi terorisme, baik yang ada di Surabaya, di Sidoarjo, dan di tempat lainnya. Aksi terorisme yang menelan jiwa masyarakat, menelan jiwa aparat-aparat kita.

Dan di saat rakyat membutuhkan perlindungan dan rasa aman, terutama di bulan puasa ini, kita bersyukur bahwa TNI dan Polri solid bersatu dalam menjaga negara, rakyat, bangsa dalam melawan terorisme. Kita menjadi tenang semuanya kalau TNI dan Polri itu solid. Bahkan tadi memberikan sambutan saja Panglima dan Kapolri bersama-sama berdua. Ini menunjukkan kesolidan antara TNI dan Polri.

Rakyat saya kira sangat merasa gembira TNI dan Polri solid berbagi sumberdaya pemikiran, tenaga, keringat, keberanian untuk satu tujuan, melindungi seluruh rakyat Indonesia, melindungi segenap masyarakat Indonesia, melindungi segenap tumpah darah Indonesia.

Kemudian yang kedua, semoga tunjangan THR sudah diterima semuanya. Sudah diterima? Kemudian nanti ditunggu lagi Juli ada gaji ke-13. Selain itu, juga akan saya umumkan mengenai kenaikan tunjangan kinerja (tukin) yang akan juga diberikan di bulan Juli. TNI dan Polri semuanya naik menjadi 70 persen.

Selain itu, khusus untuk Babinsa. Saya kalau pas ke daerah, kalau turun ke desa itu mendengar. Oleh sebab itu, Babinsa juga dimulai nantinya di bulan Juli akan ada kenaikan pendapatan operasional. Yang biasanya per bulan terendah itu Rp310.000 akan dinaikkan menjadi Rp2.700.000. Ini melompat 771 persen.

Tapi di sini kan enggak ada Babinsa kan? Tapi saya kira seluruh Babinsa yang mendengar apa yang saya umumkan ini akan sangat bergembira terutama yang berada di pelosok-pelosok. Dan bahkan untuk pendapatan operasional Babinsa yang tertinggi kemarin Rp1.335.000 dinaikkan menjadi Rp3.600.000.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini.

Terima kasih,
Saya tutup,
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Transkrip Pidato Terbaru