Sambutan Presiden Joko Widodo pada Penanaman Pohon di Kebun Raya Samosir, 21 Agustus 2016, di Samosir

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 21 Agustus 2016
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 8.963 Kali

Logo-Pidato2Horas.

Saya titip saja ini, karena kita ingin nanti kawasan Danau Toba ini hijau kembali, hijau kembali. Yang sudah ditanam saya minta dirawat, dipelihara, diawasi terus agar betul-betul tumbuh. Jangan hanya tumbuhnya waktu kita tanam sekarang. Tapi besok tumbuh, minggu depan tumbuh, tahun depan tumbuh, tahun depannya lagi menjadi sebuah pohon-pohon yang besar.

Sudah disiapkan tahun ini, berapa Bu Menteri? Pohonnya berapa? Sampai akhir Desember akan ditanam 1 juta pohon di wilayah Danau Toba ini. Dan saya harapkan 1 juta itu betul-betul tumbuh, betul-betul tumbuh. Jangan sampai hanya angkanya saja 1 juta tapi yang tumbuh hanya 100 biji, enggak. 1 juta dirawat, tumbuh 1 juta, bukan 100.

Kemudian untuk pemeliharaan, tadi juga Bu Menteri menyampaikan akan diberikan bantuan pompa-pompa. Dan ini kita harapkan betul-betul nanti 150 hektar di sekitar kita ini betul-betul kedepan akan menjadi sebuah kebun raya di kawasan Toba ini. Ada buahnya, ada tanaman-tanaman pohon-pohon kerasnya, saya kira campur-campur. Dan salah satunya nanti akan menjadi sebuah tempat penelitian yang baik bagi kita.

Saya kira itu titipan yang saya sampaikan, sekali lagi, dirawat, dipelihara, sehingga pohon-pohon ini tumbuh.

Terima kasih.
Horas.

(Humas Setkab)

Transkrip Pidato Terbaru