Sambutan Presiden Joko Widodo pada Pencanangan Kampanye Imunisasi Measless Rubella di Halaman Madrasah Tsanawiyah Negeri 10, Sleman,  Daerah Istimewa Yogyakarta, 1 Agustus 2017

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 1 Agustus 2017
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 3.361 Kali

Logo-Pidato2-8Assalamu’alaikum warahatullahi wabarakatuh,
Bismillahirrahmanirrahim,
Alhamdulillaahirobbil’aalamiin, washsholaatu wassalaamu’ala asrofil anbiyaai walmursaliin, sayyidina wahabibina wasyafi’ina wamaulana Muhammadin, wa’ala aalihi washohbihii ajma’iin, amma ba’du,

Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Kerja
Yang saya hormati Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta beserta Ibu,
Yang saya hormati Bupati Sleman beserta Ibu, para Perwakilan Lembaga Internasional,
Yang saya hormati Pangdam Diponegoro serta Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta,
Anak-anakku semuanya, Hadirin dan Tamu Undangan yang berbahagia,

Namanya menjaga anak, yaitu membuat anak-anak kita tetap sehat. Dan, ini adalah tugas setiap orang tua, tugas setiap orangtua, dan juga tugas dari negara. Anak-anak dititipkan oleh Allah kepada kita untuk kita sayangi, untuk kita didik, untuk kita jaga, untuk kita ayomi. Terutama menjaga mereka dari berbagai penyakit yang berbahaya, dan mematikan. Penyakit, seperti measless atau campak, dan rubella yang sudah terbukti dan diketahui di seluruh dunia.  Sangat berbahaya jika dibiarkan menjangkiti anak-anak kita.

Sekali lagi, ini adalah penyakit yang berbahaya, dan saat ini di negara kita, Indonesia masih kurang dari 1% yang sudah mendapatkan imunisasi measless rubella. Jadi masih sangat kecil sekali, 1% saja nggak ada. Masih 0,05%. Idealnya seperti tadi disampaikan oleh Bu Menko, lebih dari 95%. Harusnya anak-anak kita harus sudah mendapatkan imunisasi MR atau measless rubella. Dan, bahkan seharusnya semuanya 100%, lnilah yang harus bisa kita lakukan.

Pesan saya sekali lagi, jangan meremehkan measless rubella ini. Sekali lagi,  jangan meremehkan karena keduanya measles dan rubella ini bisa berbahaya, untuk anak-anak kita yang kita cintai, yang kita sayangi. Dan, untuk jangka panjang akibat tanpa imunisasi MR untuk bayi ini bisa lahir dengan cacat bawaan, ini hati-hati sekali. Kita harus hati-hati sekali. Karena itu, saya mendukung penuh dilaksanakannya kampanye imunisasi nasional, agar anak-anak Indonesia bisa bebas dari measless dan rubella. Ingat, kita ingat bahwa imunisasi ini bukan barang baru. Dan, kita sudah pernah berhasil dulu melakukannya untuk cacar, untuk polio, untuk tetanus sudah pernah, kita berhasil melakukannya. Jadi saya percaya, sekarang pun dengan niat yang baik, kita juga insya Allah bisa melaksanakan dan berhasil untuk melakukan imunisasi measless dan rubella.

Dan, untuk melindungi anak-anak kita, melindungi hak-hak anak Indonesia untuk tetap sehat dan ceria, melindungi masa depan anak-anak kita, saya ingin menyerukan agar semua anak-anak Indonesia usia 9 bulan sampe kurang dari 15 tahun. Sekali lagi, usia 9 bulan sampe kurang dari 15 tahun untuk mendapatkan imunisasi MR. Pada semua kementerian, dan yang terkait, saya minta semuanya turun ke masyarakat, jelaskan ke seluruh orang tua. Ini harus dijelaskan, di sekolah-sekolah dijelaskan, di pesantren-pesantren dijelaskan, di madrasah-madrasah dijelaskan, bahwa imunisasi ini baik, dan sangat diperlukan untuk kesehatan anak-anak kita. Anak-anak yang kita sayangi. Sekali lagi, gandeng seluruh sekolah, gandeng seluruh madrasah, gandeng seluruh pesantren, gandeng semua orang tua, untuk turut mensukseskan kampanye imunisasi measless dan campak. Buka lebar-lebar seluruh pintu Posyandu, pintu Puskesmas, pintu rumah sakit, semua fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan imunisasi measless rubella.

Di sini sudah ada yang dapat imunisasi? Ada? Yang hadir di sini ada? Anak-anak udah? Mana yang sudah? Tunjuk tangan, sudah? Oh yang di sana juga sudah. Coba maju satu yang sudah diimunisasi, sini maju. Ni, ya dikenalkan dulu, dikenalkan namanya.

(Dialog Presiden RI dengan Masyarakat)

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan pagi hari ini, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya Canangkan Kampanye Imunisasi Measless Rubella untuk Melindungi Anak-anak Indonesia dari Measless Rubella.


Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Transkrip Pidato Terbaru