Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peringatan Hari Pramuka ke-56 dan Peresmian Pembukaan Raimuna Nasional XI Tahun 2017, 14 Agustus 2017, di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 14 Agustus 2017
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 4.779 Kali

Logo-Pidato2-8Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi,
Salam sejahtera untuk kita semuanya,
Om swastiastu namo buddhaya,
Salam kebajikan.

Salam Pramuka!

Yang saya hormati Presiden Republik Indonesia ke-5 Ibu Hj. Megawati Soekarnoputri,
Yang saya hormati para menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri,
Dan yang saya hormati anggota DPR RI dan seluruh pimpinan lembaga negara,
Yang saya hormati Ketua dan pengurus Kwarnas beserta seluruh peserta Raimuna ke-11 tahun 2017,
Kakak-kakak dan adik-adik Pramuka yang saya cintai dan saya banggakan, Hadirin undangan yang berbahagia.

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun ke-56 kepada segenap unsur Gerakan Pramuka di seluruh tanah air maupun yang berada di kantor-kantor perwakilan di luar negeri. Walaupun usia Gerakan Pramuka semakin bertambah tapi saya minta semangatnya harus tetap muda, harus selalu produktif dalam berkarya, harus inovatif, harus kreatif, harus selalu menjadi yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjadi garda terdepan perubahan di negeri kita yang kita cintai ini.

Karena ingat Pramuka itu adalah Praja Muda Karana yang artinya jiwa muda yang suka berkarya.

Tepuk Pramuka!

Hadirin sekalian,
Tugas untuk menjaga Gerakan Pramuka supaya selalu tetap bersemangat muda sebenarnya ada di pundak kalian semuanya, anak-anak muda. Kita harus selalu ingat bahwa generasi pramuka sekarang ini adalah generasi millenial, generasi Y, yang cara berpikirnya sangat berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Mereka adalah generasi yang adaptif dengan kemajuan teknologi, generasi yang sangat kreatif, generasi yang sangat inovatif.

Untuk itu, Gerakan Pramuka harus melakukan terobosan. Jangan berpikir linier, jangan terjebak dengan cara-cara rutinitas dan monoton. Kita harus mendidik adik-adik pramuka bukan saja latihan baris-berbaris, cara membangun tenda, atau membuat simpul tali saja. Tapi juga harus memandu adik-adik pramuka dalam disiplin menggunakan media sosial yang positif dan yang produktif.

Gerakan Pramuka harus memakai cara-cara kreatif, cara-cara kekinian, cara-cara yang lebih dekat dengan generasi millenial untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air di dalam diri setiap anggota Gerakan Pramuka.

Kita harus meninggalkan pendekatan-pendekatan lama, yang tidak pas digunakan untuk generasi saat ini. Sentuhlah rasa cinta, bangkitkan rasa bangga generasi muda pada tanah airnya. Sehingga benar-benar tertanam di dalam diri setiap anggota Gerakan Pramuka.

Saya yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang. Teruslah berkreasi, berkarya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif, yang produktif.

Seorang Pramuka itu harus berani, termasuk berani melakukan inovasi. Seorang pramuka itu harus terampil, termasuk terampil dalam menggunakan teknologi secara positif.

Tapi yang paling penting, yang kalian harus ingat adalah seorang Pramuka Indonesia itu cinta tanah air. Selalu mau menolong sesama dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Hadirin yang sekalian yang saya hormati,
Terakhir saya juga ingin menitipkan pesan kepada segenap anggota Gerakan Pramuka di seluruh penjuru tanah air. Ingatlah selalu hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia. Jadilah patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila adalah dasar kita bernegara. Pancasila adalah pemersatu bangsa. Pancasila adalah rumah kita bersama.

Itu saja yang perlu saya sampaikan.

Saya Pramuka, saya Indonesia, saya Pancasila.
Buatlah Indonesia selalu bangga pada Praja Muda Karana.

Salam Pramuka!

Terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim secara resmi saya buka Raimuna Nasional ke-11 tahun 2017.

Terima kasih.

Transkrip Pidato Terbaru