Upacara Pemakaman Ibu Kristiani Herrawati Yudhoyono, 2 Juni 2019, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 2 Juni 2019
Kategori: Sambutan
Dibaca: 1.504 Kali

Assalamu’alaikuam warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati Presiden Republik Indonesia keenam, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono beserta keluarga,
Yang saya hormati Presiden Republik Indonesia ketiga, Bapak Profesor Habibie,
Yang saya hormati Presiden Republik Indonesia kelima, Ibu Hj. Megawati Soekarno Putri,
Yang saya hormati Bapak Try Sutrisno, Bapak Boediono, Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid,
Yang saya hormati Ketua dan Wakil Ketua Lembaga-Lembaga Negara,
Para Menteri Kabinet Kerja,
Hadirin tamu undangan yang berbahagia,
Segenap rakyat Indonesia di manapun Saudara-saudara berada.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.
Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.
Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.

Dengan penuh rasa dukacita yang sangat dalam, pada hari ini kita semua, segenap rakyat Indonesia berkabung atas wafatnya Ibu Negara dari Presiden keenam Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Hj. Kristiani Herrawati Yudhoyono. Beliau meninggalkan kita semua pada bulan Ramadan, bulan yang sangat baik, bulan diturunkannya Alquran, bulan yang penuh berkah, penuh ampunan dan penuh rahmat. Beliau meninggalkan kita semua pada hari-hari lailatur qadar, semoga husnul khatimah.

Kita, bangsa Indonesia, telah kehilangan salah seorang tokoh wanita Indonesia terbaik, seorang ibu negara yang penuh kasih sayang, pejuang kemanusiaan yang tulus, ibu dari sebuah keluarga panutan yang senantiasa memberi inspirasi dan teladan sebagai seorang ibu, seorang istri, dan ibu negara.

Kita hadir di sini, di Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk memberikan penghormatan terakhir pada beliau. Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan negara dan pemerintah atas jasa, darmabakti, serta pengabdian almarhumah pada negara, bangsa semasa hidupnya.

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Kita sama-sama mengetahui almarhumah yang dilahirkan di Yogyakarta pada 6 Juli 1952, sepanjang hayatnya diabadikan untuk kepentingan bangsa dan negara. Almarhumah adalah istri yang sangat setia dalam suka dan duka. Melewati hari-hari yang tidak mudah dalam mendampingi Presiden keenam Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono dalam membangun bangsa dan negara yang kita cintai.

Ibu Hj. Kristiani Herrawati Yudhoyono sepanjang hayatnya mendedikasikan hidupnya kepada nilai-nilai kemanusiaan. Almarhumah aktif dalam memberantas buta huruf, mengembangkan kerajinan nasional, memberdayakan dan menyejahterakan keluarga, terutama kaum perempuan dan anak-anak. Almarhumah juga aktif dalam memberikan pelayanan kesehatan, pelestarian lingkungan hidup, budaya, dan meningkatkan rasa kepedulian kepada masyarakat di daerah-daerah bencana, daerah konflik, dan daerah perbatasan. Atas jasa dan pengabdiannya yang besar kepada bangsa dan negara, Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 2011 menganugerahkan Bintang Mahaputra Adi Pradana kepada almarhumah.

Dan pada acara yang khidmat ini, saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengucapkan terima kasih dan penghormatan yang tinggi atas darmabakti almarhumah kepada bangsa dan negara. Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan almarhumah semoga almarhumah diterima dan diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, dan semoga husnul khatimah sesuai dengan amal ibadah, perjuangan, dan pengabdiannya pada bangsa dan negara.

Kepada keluarga almarhumah yang ditinggalkan, Presiden keenam Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono beserta keluarga, semoga Allah SWT senantiasa memberikan ketabahan dan kesabaran, serta menerima kepergian almarhumah dengan ikhlas dan tawakal.

Akhirnya dengan memohon rida Allah SWT, marilah kita lepas kepergian Ibu Hj. Kristiani Herrawati Yudhoyono menghadap Allah SWT dengan tenang, dengan diiringi doa semoga Allah SWT berkenan menerima amal ibadah almarhumah dan mengampuni segala khilaf dan salah beliau.

Flamboyan telah pergi, namun akan tetap hidup di hati kita semuanya rakyat Indonesia yang mencintainya.

Terima kasih,
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru