Pemerintah Terus Kembangkan Infrastruktur Perkeretaapian

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 26 Desember 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 1.245 Kali
Presiden Jokowi Resmikan Stasiun Manggarai Tahap I, di Manggarai, Jakarta, Senin, (26 /12/2022)

Presiden Jokowi Resmikan Stasiun Manggarai Tahap I, di Manggarai, Jakarta, Senin, (26 /12/2022)

Presiden Joko Widodo meresmikan Stasiun Manggarai Tahap I di Manggarai, Jakarta, Senin (26/12/2022) pagi.

Presiden Joko Widodo menyampaikan kereta api telah menjadi alternatif angkutan yang sangat dibutuhkan dan semakin diminati masyarakat karena bisa menjangkau berbagai tempat lebih cepat dengan ongkos yang sangat terjangkau.

Untuk itu, imbuhnya, pemerintah akan terus membangun dan mengembangkan infrastruktur perkeretaapian terutama untuk menghubungkan antarwilayah yang padat penduduk, baik dengan commuter line, LRT (Lintas Rel Terpadu), MRT (Moda Raya Transportasi), kereta cepat, kereta bandara sampai dengan pembangunan double track.

 “Hari ini saya akan meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai yang merupakan salah satu stasiun dengan lalu lintas kereta tersibuk di Indonesia,” kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Ia menambahkan, setiap hari Stasiun Manggarai melayani perhentian KRL commuter line tujuan Jakarta Kota, Tanah Abang, dan Bekasi dengan lalu lintas dan penumpang yang sangat padat.

 “Dan sejak tahun 2016, kita telah mengembangkan Stasiun Manggarai sebagai salah satu stasiun sentral di Jakarta, termasuk menjadi bagian dari proyek double track Manggarai-Cikarang dengan penambahan jumlah jalur dari semula 7 jalur menjadi 14 jalur; yang terdiri dari 10 jalur kereta api adgrade dan 4 jalur kereta api elevated.”

Kepala negara menyampaikan pengembangan stasiun ini sangat penting untuk meningkatkan frekuensi dan headway perjalanan kereta api.

 “Meningkatkan aksessibilitas dan mobilitas masyarakat dari Jakarta ke kota-kota penyangga lainnya dan sebaliknya, menambah layanan kereta api bandara menuju Bandara Soekarno-Hatta, serta mengintegrasikan berbagai model transportasi umum lainnya, seperti Transjakarta, ojek online, bajaj dan lain-lainnya.”

Dirinya mengharapkan dengan fasilitas yang semakin baik dan terintegrasi, konektivitas akan semakin baik.

“Mobilitas dan aktivitas masyarakat akan semakin lancar dan efisien; dan masyarakat semakin senang menggunakan transportasi massal, menggunakan transportasi umum,” ungkapnya.

 “Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pengembangan Stasiun Manggarai Tahap I diresmikan hari ini,” pungkasnya.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo mendorong tuas sirine dan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian. Turut mendampingi pada kegiatan ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko Meritim dan Investasi Luhut Binsar pandjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo (FID/ST)

Berita Terbaru