Sambutan Presiden RI pada Peresmian Layanan Perbankan Kapal “Teras BRI”, di Pelabuhan Kaliadem, Pluit, Jakarta, 4 Agustus 2015

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 5 Agustus 2015
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 12.505 Kali

Logo PidatoBismillahirrahmanirrahim,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Yang saya hormati Gubernur Bank Indonesia dan Ketua OJK,

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Kerja,

Yang saya hormati Dirut BRI beserta seluruh jajaran Keluarga Besar BRI,

Yang saya hormati Wakil Gubernur DKI Jakarta,

Bapak, Ibu, semuanya, Tamu Undangan yang berbahagia,

Kita harus sadar bahwa Negara kita, dua per tiga Negara kita adalah air. Dan kita memiliki 17.000 lebih pulau. Yang saya lihat waktu ke daerah, ke pulau-pulau terpencil, fasilitas-fasilitas yang nanti sebentar lagi akan kita resmikan itu tidak ada. Oleh sebab itu, ini menjadi sebuah awal. Dan saya harapkan BRI tidak hanya menyiapkan satu, tetapi nantinya bias ribuan kapal yang bias melayani pulau-pulau terpencil, wilayah-wilayah perbatasan, pesisir-pesisir yang ada di Indonesia Bagian Timur. Sehingga seluruh masyarakat merasa terlayani oleh perbankan. Masyarakat mudah untuk menabung, mudah untuk melakukan pinjaman ke perbankan, sehingga sekali lagi, perputaran uang yang ada di daerah itu betul-betul terasa dan bias kita lihat nantinya di dalam arus yang ada di perbankan kita.

Dan saya memberikan apresiasi atas usaha kreatif dan inovasi, sekali lagi, Indonesia merupakan Negara kepulauan yang tentu saja hubungan antar pulau ini harus kita lakukan. Dan masih sedikit masyarakat pesisir Indonesia yang dilayani oleh perbankan karena keterbatasan akses. Oleh karena itu, edukasi, literasi keuangan terhadap masyarakat pesisir, masyarakat nelayan itu diperlukan sekali.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Saya akan terus mendorong agar perbankan yang lain juga dapat melakukan inovasi layanan kepada daerah-daerah yang belum terlayani, yang belum tersentuh oleh pelayanan perbankan, terutama sekali lagi, terutama di wilayah pulau-pulau terluar dan di daerah-daerah perbatasan. Dengan terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh dunia perbankan, tentu saja ini akan membantu pemerintah dalam rangka membantu mempercepat pemerataan pembangunan di seluruh pelosok Tanah Air. Pemerintah akan terus mendukung langkah-langkah terobosan ini, yang dilakukan oleh dunia perbankan, untuk menjangkau kepulauan dan juga ini nantinya akan juga mendorong industry perkapalan dalam negeri dapat berkembang. Dan dengan keberadaan kapal-kapal hasil produksi dalam negeri ini kita nantinya sanggup memenuhi kebutuhan seluruh perbankan yang ingin membangun jembatan antar pulau untuk memberikan layanan di bidang perbankan.

Semoga Tuhan yang Maha Kuasa, Allah SWT, selalu membimbing, melindungi langkah-langkah besar dunia perbankan Indonesia dalam membangun Indonesia yang lebih baik. Dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, operasional Teras BRI Kapal pada siang hari ini saya resmikan. Terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

(Humas Setkab)

 

Transkrip Pidato Terbaru