SBY Perkenalkan Istana Kepresidenan kepada Jokowi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 19 Oktober 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 26.341 Kali
Presiden SBY mendampingi Presiden Terpilih Jokowi memperkanalkan Istana Kepresidenan, Minggu (19/10)

Presiden SBY mendampingi Presiden Terpilih Jokowi memperkanalkan Istana Kepresidenan, Minggu (19/10)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima kedatangan Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan pada hari Minggu (19/10) sore. SBY mengajak Jokowi berkeliling Kompleks Istana Kepresidenan, guna memperkenalkan seluk beluk bangunan Istana.

Jokowi tiba pukul 16.00 WIB di Istana Merdeka, disambut oleh Presiden SBY dan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II. Presiden langsung mengarahkan Jokowi untuk masuk melalui pintu Ruang Credential, Istana Merdeka. Di ruang inilah biasanya Presiden menerima tamu negara dari negara-negara sahabat. Lalu Presiden menuju Ruang Jepara, tempat berlangsungnya kegiatan tete-a-tete dan pertemuan khusus Presiden dengan para Kepala Negara/Pemerintahan dari negara lain.

Selanjutnya, Presiden mengajak Jokowi menuju teras timur Istana dan Kantor Presiden. Di lantai 1 Kantor Presiden, terdapat ruang kerja Presiden. Sedangkan di lantai 2, Presiden SBY menunjukkan ruang sidang kabinet paripurna dan ruang rapat terbatas, tempat berlangsungnya sidang atau rapat Presiden bersama anggota kabinetnya.
Kembali ke lantai 1, Presiden SBY menunjukkan ruang media, tempat Presiden dan para Menteri memberikan keterangan pers bagi para wartwan. “Minggu depan beliau (Jokowi) yang di sini,” ujar SBY sambil memegang podium di media pers.
Keluar dari kantor Presiden, Presiden SBY mengarahkan Jokowi menuju Istana Negara dan teras barat istana. Istana Negara merupakan tempat pelantikan para menteri dan pelaksanaan kegiatan kenegaraan lainnya.
Usai peninjauan, Presiden SBY dan Presiden Terpilih Jokowi beserta rombongan kembali menuju Istana Merdeka untuk mengikuti gladi bersih Upacara Penyambutan Presiden Baru, yang akan dilaksanakan besok tanggal 20 Oktober 2014.

Sesaat sebelum kedatangan Jokowi, Presiden SBY sempat berbicara kepada para wartwan, “Terima kasih telah mengabadikan, agar kita punya budaya politik yang bagus.”

Hadir mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menparekraf Mari E. Pangestu, Wamenlu Dino Patti Djalal, Wamenhan Syafri Syamsudin, Kapolri Jendral Sutarman, dan Panglima TNI Jendral Moeldoko. (Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru