Sebut Pasar Mama-Mama Papua Siap Digunakan, Presiden Jokowi: Biar Gubernur Yang Resmikan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 10 Mei 2017
Kategori: Berita
Dibaca: 28.316 Kali
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan sejumlah menteri saat meninjau Pasar Mama-Mama, di Jayapura, Papua, Rabu (10/5) pagi. (Foto: Anggun/Humas)

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan sejumlah menteri saat meninjau Pasar Mama-Mama, di Jayapura, Papua, Rabu (10/5) pagi. (Foto: Humas/Anggun)

Mengawali hari kedua kunjungannya di Papua, Rabu (10/5) pagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau pembangunan Pasar Mama-Mama, di kota Jayapura. Pembangunan pasar bagi Mama-Mama Papua ini merupakan bagian dari Program Nawacita Presiden Joko Widodo dan komitmen Pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia khususnya para pedagang tradisional.

Groundbreaking pasar ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo tanggal 30 April 2016 silam. Pasar yang berdiri di atas lahan seluas 2.400 meter persegi ini didesain menjadi pasar semi modern dengan 4 (empat) lantai ditambah 1 (satu) lantai mezzanine yang antara lain terdiri dari pasar basah, pasar kering, pasar cinderamata, ruang pelatihan, dan lain-lain.

Presiden Jokowi menilai Pasar Mama-Mama itu memang sudah siap untuk digunakan, tapi untuk peresmiannya ia menyerahkan sepenuhnya kepada Gubernur, sambil menunggu Wali Kota Jayapura yang baru dilantik.

“Karena ini nanti tanggung jawabnya ada di Pemda. Yang bangun kan kita tapi tanggung jawab kan di Pemda. Jadi nunggu Pak Wali Kota dilantik saja. Yang penting ini sudah 100 persen siap. Kemudian pelatihan terus dilakukan,” kata Presiden kepada wartawan usai peninjauan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi saat peninjauan itu Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri PPPA Yohana Yembise, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Usai peninjauan, Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan langsung menuju Bandar Udara Sentani untuk kemudian menuju Bandar Udara Wamena, Jayawijaya. Di Wamena Presiden diagendakan meninjau jalan Trans Papua. (UN/ES)

 

Berita Terbaru