Sekjen AMAN: Presiden Jokowi Tegaskan Komitmen Terus Bekerja Bersama Masyarakat Adat

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 25 Juni 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 26.020 Kali
Presiden Jokowi saat menerima pengurus Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/6)

Presiden Jokowi saat menerima pengurus Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/6)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menegaskan komitmennya sebagaimana disampaikan saat menjadi Calon Presiden (Capres) lalu, bahwa dia masih, sedang, dan akan terus bekerja bersama-sama masyarakat adat.

“Secara tegas beliau sampaikan untuk melaksanakan 6 (enam) komitmen Nawacita untuk masyarakat adat,” kata Abdon Nababan, Sekjen Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) seusai bersama-sama sejumlah tokoh adat menghadap Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/6) siang.

Menurut Abdon, Presiden Jokowi akan memprioritas Undang-Undang Masyarakat Adat supaya ada landasan hukum untuk seluruh masalah adat, supaya diselesaikan oleh presiden, baik presiden sekarang maupun presiden yang akan datang.

“Juga soal kelembagaan tadi beliau (Presiden, red) juga tidak keberatan supaya sebelum ada lembaga yang permanen di tingkat negara, ada Satuan Tugas (Satgas) presiden yang menangani masalah-masalah yang sifatnya genting,” terang Abdon.

Abdon menjelaskan, dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi itu disampaikan contoh mengenai lebih dari 100 warga adat yang di penjara, dikriminalisasi. Terhadap hal itu, menurut Abdon,  presiden segera akan mereview, mengelompokkan, dan mengkategorikan tiap kasus-kasus itu, supaya ada landasan hukum yang kuat untuk  membebaskan mereka.

“Jadi komitmennya sudah jelas, tapi sekarang ini soal caranya, supaya presiden tidak melanggar konstitusi. Kira-kira begitu,” tegas Abdon.

Dalam pertemuan itu, pengurus AMAN juga menyampaikan undangan kepada Presiden Jokowi untuk menghadiri perayaan Hari Internasional Masyarakat Adat di Batur, Bali, 9 Agustus mendatang, sekaligus membuka rangkaian tujuh tahun terus menerus Festival Nusantara.

“Di tahun 2015 ini adalah festival peradaban matahari. Nanti akan ada peradaban tanah, peradaban air, terus sampai 2021,” pungkas Abdon.

Saat menerima pengurus AMAN itu, Presiden Jokowi didampingi antara lain oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki. (DND/RAH/ES)

 

 

 

Berita Terbaru