Sekretariat Kabinet Ajak Pimpinan Kementerian/Lembaga Sebarluarkan Hasil Sidang Kabinet

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 8 November 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 19.960 Kali
Asdep Humas dan Protokol Al Furkon Setiawan saat memberikan sambutan pada

Asdep Humas dan Protokol Al Furkon Setiawan saat memberikan sambutan pada Seminar Hubungan Kemasyarakatan Bakohumas dengan tema “Optimalisasi penyebarluasan informasi kebijakan pemerintah hasil Sidang Kabinet”, di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Selasa (8/11) pagi. (Foto: Humas/Rahmat)

Sidang-sidang Kabinet yang digelar pemerintah yang hampir seluruhnya dipimpin oleh Presiden memberikan andil besar dalam penyusunan kebijakan yang berskala nasional maupun mengubah kebijakan yang akan mempunyai dampak luas kepada masyarakat. Untuk itu Sekretariat Kabinet (Setkab) mengajak pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L) bersinergi menyebarluaskan hasil-hasil Sidang Kabinet yang harus segera diketahui masyarakat.

Asisten Deputi (Asdep) Humas dan Protokol Setkab Al Furkon Setiawan mengatakan, jika pada era sebelumnya penyebarluasan informasi dilakukan melalui media seperti televisi, suratkabar, dan radio, maka dewasa ini teknologi telah memungkinkan setiap informasi untuk dapat disajikan dan diakses setiap saat yang hampir bersamaan dengan waktu kejadian peristiwa atau real time.

“Dengan kemajuan teknologi saat ini, mengharuskan pemerintah untuk menyampaikan hasil Sidang Kabinet melalui saluran informasi yang dimiliki menjadi sebuah kebutuhan dengan berbagai perkembangan di media sekarang ini,” kata Al Furkon dalam sambutannya mewakili Deputi Dukungan Kerja Kabinet Yuli Harsono membuka Seminar Hubungan Kemasyarakatan Bakohumas dengan tema “Optimalisasi penyebarluasan informasi kebijakan pemerintah hasil Sidang Kabinet”, di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Selasa (8/11) pagi.

Untuk itu, Asdep Humas dan Protokol Setkab mengajak para pimpinan K/L melalui humas dan saluran informasi yang dimiliki masing-masing, untuk bersinergi menyebarluaskan hasil-hasil Sidang Kabinet yang harus segera diketahui publik/masyarakat.

Peserta Seminar Hubungan Kemasyarakatan Bakohumas (8/11)

Peserta Seminar Hubungan Kemasyarakatan Bakohumas (8/11)

“Sekretariat Kabinet sebagai sebuah instansi pemerintah yang memiliki tugas dan fungsi memberikan dukungan kepada Presiden dalam pengelolaan manajemen Kabinet ingin mengajak seluruh kementerian/lembaga dan humas daerah untuk ikut berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi kebijakan pemerintah hasil Sidang Kabinet,” tegas Al Furkon.

Hingga saat ini, lanjut Al Furkon, Sekretariat Kabinet terus berusaha untuk menyebarluaskan informasi kebijakan pemerintah hasil Sidang Kabinet melalui situs www.setkab.go.id dan akun media sosial yang dimilikinya.

“Media sosial yang dikelola Sekretariat Kabinet ada 4, yakni twitter (@setkabgoid), facebook (Setkab RI), Instagram (sekretariat.kabinet), dan Youtube (Sekretariat Kabinet RI),” ujar Asdep Humas dan Protokol Setkab tersebut.

Seminar yang dihadiri oleh Direktur Kemitraan Kominfo Dedet Surya Nandika itu menampilkan 4 (empat) pembicara, yaitu: 1. Rudi Geniarso (Kabid Penyiapan Bahan Persidangan Asdep bidang Penyelenggaraan Sidang Kabinet Setkab); 2. Shafiq Pontoh (Pengamat Media); 3. Mita Aprianti (Kabid Pelayanan dan Diseminasi Informasi Asdep Humas dan Protokol); dan 4. Wicaksono (Pemilik Akun @ndorokakung).

Tampak hadir dalam seminar tersebut Staf Ahli Seskab bidang Komunikasi Wasit Saronto, Kepala Biro Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi Setkab Beben Hurmansyah, Asdep Naskah dan Terjemahan Eko Harnowo, dan Kepala Biro Humas dan Hukum, Kementerian Pemuda dan Olahraga Amar Ahmad.

Hadir juga pejabat-pejabat humas dari masing-masing K/L; humas pemda di wilayah Provinsi DIY, Jawa Tengah, serta beberapa provinsi lainnya; dan para pejabat eselon III dan IV di lingkungan Sekretariat Kabinet. (UN/ES)

Lihat juga:

Bahan paparan narasumber seminar kehumasan (8/11)

Lihat juga video tentang Penyelenggaraan Sidang Kabinet, di sini

Berita Terbaru