Sekretaris Kabinet Hadiri Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak di Jawa Timur

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 17 Februari 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 45.340 Kali
Seskab memberikan ucapan selamat kepada para kepala daerah yang dilantik di Jawa Timur (17/2). (Foto:Humas/Deni)

Seskab memberikan ucapan selamat kepada para kepala daerah yang dilantik di Jawa Timur (17/2). (Foto:Humas/Deni)

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menghadiri pelantikan kepala daerah kabupaten/kota hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Jawa Timur, Rabu (17/2). Acara pelantikan bertempat di Gedung Grahadi, Surabaya. Memasuki tempat acara, Seskab yang datang bersama Menteri Dalam Negeri langsung disambut oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2015 lalu yang berjalan dengan baik di Jawa Timur. Ia juga mengingatkan kepada kepala daerah yang baru dilantik bahwa pintu masuk di dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat adalah pelayanan publik.

“Pemerintah kabupaten dan kota dalam membangun harus berpegang pada RPJMN tingkat nasional yang telah ditetapkan oleh Kabinet Kerja dengan Nawacita. Itu pegangan kita,” ujar Soekarwo.

Ia juga menambahkan bahwa kepala daerah dan DPRD harus bekerja sama agar masyarakat merasa aman dan nyaman. “Konstitusi kita mengatur bagaimana kepala daerah harus guyub, bersatu, dan koordinasi yang baik dalam memimpin wilayah,” kata Soekarwo.

Pelantikan kepala daerah kabupaten/kota di Jawa Timur dibagi menjadi dua gelombang. Pelantikan pertama digelar pada pukul 09.00 WIB-11.00 WIB dan gelombang kedua dilaksanakan pada pukul 11.30 hingga 13.30 WIB.

Kepala daerah yang dilantik pada gelombang I adalah Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto, Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan, Bupati dan Wakil Bupati Jember, serta Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek.

Kepala daerah yang dilantik pada gelombang II adalah Bupati dan Wakil Bupati Kediri, Bupati dan Wakil Bupati Malang, Bupati dan Wakil Bupati Blitar, Bupati dan Wakil Bupati Ngawi, Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar. Sedangkan kepala daerah 2 kabupaten lainnya, yakni Pacitan dan Tuban, akan dilantik masing-masing bulan Maret 2016 dan Juni 2016 sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati yang lama. (GUN/DNS/EN)

Berita Terbaru