Sekretaris Kabinet Umumkan Pemenang Lomba Desain Bendera Setkab

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 30 Januari 2024
Kategori: Berita
Dibaca: 371 Kali

Seskab Pramono Anung bersama pemenang Final Lomba Desain Bendera Setkab di Aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Selasa (30/01/2024). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menghadiri acara Final Lomba Desain Bendera Sekretariat Kabinet yang digelar di Aula Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (30/01/2024) pagi. Dalam acara tersebut, Seskab mengumumkan secara langsung para pemenang lomba setelah mendengar paparan dari masing-masing peserta lomba.

“Sebagai juara pertama, yaitu Baharudin Harya Pamungkas,” ucap Seskab saat mengumumkan juara pertama Lomba Desain Bendera Setkab.

Sementara, peraih juara dua adalah Fatharani Azmi Nadhira, dan di urutan ketiga yaitu pemenang lomba desain bendera kelompok yang terdiri dari Mohammad Rifki Abdi, Yuka Abdullah, dan Bayu Pratama.

Menurut Seskab, simbol, warna, gambar, etnisitas yang terdapat dalam desain bendera hasil karya Bahar sangat merepresentasikan kebutuhan lembaga Sekretariat Kabinet ke depan.

“Perdebatannya ini sebenarnya bukan hanya hari ini presentasi, tapi nilai-nilainya sudah diberikan kepada saya. Dan saya melihat secara dengan batin juga bahwa mudah-mudahan pilihan saya enggak salah sesuai dengan pilihan Saudara-saudara sekalian. Ini menjadi pilihan lembaga kita ke depan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi presiden dan wakil presiden,” ungkap Pramono.

Selain tiga pemenang tersebut, Seskab juga memberikan apresiasi kepada juara 4 dan 5. Apresiasi tersebut diberikan sebagai penghargaan atas potensi dan bakat yang dimiliki oleh para peserta.

“Saya terus terang saya melihat potensi, bakat yang luar biasa. Sehingga dengan demikian, saya kemarin dalam rapat di internal eselon I, saya memutuskan, saya menyampaikan yang [juara] 4-5 pun harus kita berikan apresiasi,” kata Seskab.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengapresiasi antusiasme para pegawai Setkab yang telah mengikuti lomba ini. Terhitung sebanyak 138 peserta yang merupakan pegawai di lingkungan Sekretariat Kabinet berpartisipasi dalam lomba tersebut.

“Setelah kita punya mars, tentunya kita sudah waktunya punya bendera. Dan bendera ini menjadi pemersatu kultur budaya kerja kita, kebersamaan kita, sehari-hari kita nanti bisa kita taruh dalam di mobil, di mug, di mana-mana,” tandas Pramono.

Sementara itu, Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet (DKK) Thanon Aria Dewangga menyampaikan bahwa penilaian desain bendera dilakukan dalam beberapa tahap dengan melibatkan berbagai masukan dan partisipasi publik.

“Setelah kami mendapatkan 138 desain bendera, kami selaku tim juri juga telah melaksanakan tahapan penyaringan penjurian, di mana dari 138 desain bendera yang masuk, kami saring lagi menjadi 21. Kemudian setelah mendapatkan 21, kita saring lagi menjadi 10, kita saring lagi menjadi 5,” jelas Deputi DKK selaku ketua panitia.

Thanon juga menjelaskan bahwa dalam memberikan penilaian desain bendera, tim penilai telah mendapatkan masukan dari tim ahli yang diundang dalam diskusi kelompok terpumpun (DKT). Tim ahli tersebut terdiri dari Dekan Fakultas Seni Rupa Dan Desain dari Institut Teknologi Bandung Andryanto Rikrik Kusmara dan Ketua Dewan Kesenian Jakarta Danton Sihombing.

Lomba Desain Bendera Sekretariat Kabinet ini digelar dalam empat tahap, yaitu 1) pendaftaran dan penyampaian desain tanggal 14-15 Januari 2024; 2) penilaian juri tanggal 16-23 Januari 2024; 3) pengumuman tiga besar tanggal 24 Januari 2024; 4) paparan 3 (tiga) besar karya desain terbaik dan pengumuman pemenang pada 26 Januari 2024.

Hadir dalam acara ini, di antaranya, Wakil Sekretaris Kabinet Fadlansyah Lubis, Deputi Bidang Administrasi Farid Utomo, Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet Thanon Aria Dewangga, Deputi Bidang Perekonomian Satya Bhakti Parikesit, Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Yuli Harsono, Deputi Bidang Kemaritiman dan Investasi Dyah Pancaningrum, Staf Khusus Sekretaris Kabinet Emir Kresna Wardhana, Staf Khusus Sekretaris Kabinet Syafruddin, dan Staf Khusus Sekretaris Kabinet Rivo Pamudji. (TGH/ABD)

Berita Terbaru