Selain Rumah, Presiden Jokowi Minta Pengungsi Sinabung Diberikan Lahan Pertanian

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 Juni 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 31.078 Kali

Sinabung RumahPresiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar relokasi pengungsi Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, busa dipercepat. Hal ini disampaikan Presiden karena dari 370 rumah yang sudah dibangun pemerintah, baru sekitar 130 rumah yang sudah ditempati.

“Ini perlu kita percepat sehingga para pengungsi bisa didorong untuk masuk ke lokasi relokasi,” kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai penanganan pengungsi Gunung Sinabung, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/6) siang.

Tidak hanya soal tempat tinggal, Presiden Jokowi juga menyampaikan masalah pekerjaan yang dihadapi oleh para pengungsi.

Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas soal Sinabung, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/6)

Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas soal Sinabung, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/6)

“Artinya perlu juga lahan pertanian untuk memberikan mereka pekerjaan yang baru seperti yang sudah mereka kerjakan di tempat yang lama,” tutur Jokowi.

Sebelumnya saat mengawali arahannya, Presiden Jokowi menegaskan, masalah-masalah yang berkaitan dengan pengungsi memang harus segera direaksi cepat agar semua yang ada di lapangan bisa merasakan kehadiran pemerintah dalam menyelesaikan persoalan.

Sebagaimana diketahui guna mencegah jatuhnya korban akibat erupsi Gunung Sinabung yang terus berlangsung, pemerintah merelokasikan ribuan pengungsi ke lokasi yang lebih aman, di Desa Siosar, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo.

Tampak hadir dalam rapat terbatas soal pengungsi Sinabung itu antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Mensesneg Pratikno, Seskab Andi Widjajanto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Kepala Staf Presiden Luhut B. Pandjaitan. (Humas Setkab/ES)

 

 

Berita Terbaru