Selepas Hadiri HUT NTT, Presiden Jokowi Sabtu Pagi Meninjau Perbatasan RI – Timor Leste

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 20 Desember 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 23.503 Kali
Presiden Jokowi memberikan sambutan pada HUT ke-56 Provinsi NTT, di Kupang, Sabtu (20/12)

Presiden Jokowi memberikan sambutan pada HUT ke-56 Provinsi NTT, di Kupang, Sabtu (20/12)

Pada hari kedua kunjungannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sabtu (20/12) pagi, menghadiri perayaan Ulang Tahun ke-56 Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang diselenggarakan di alun-alun rumah jabatan Gubernur, di Jl, El Tari, Kupang.

Dalam sambutannya pada HUT ke-56 Provinsi NTT itu, Presiden Jokowi  menyampaikan bahwa kerja sama antara provinsi akan memberikan simbiosis mutu alisme ekonomi yang baik. Ia mengambil contoh Kebutuhan daging sapi di DKI Jakarta mencapai 161 ton per hari.

“Hal ini dapat dicukupkan kebutuhannya oleh NTT. Pun halnya dengan kebutuhan di bidang perikanan dari Jawa Tengah yang dapat didukung dari Provinsi NTT,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyinggung rencana pembangunan Bendungan Regnamo di NTT, yang merupakan bendungan pertama dari 49 bendungan yang akan dibangun. “Bendungan yang dibangun di NTT diharapkan dapat mengairi sawah saat musim kemarau dan menahan air hujan di musim penghujung,” ujarnya.

Selain itu Presiden Jokowi melihat bahwa ada promosi yang besar di NTT seperti Pulau Komodo. Dengan peningkatan pariwisata, kesejahteraan penduduk diharapkan terus meningkat.

“Saya akan perintahkan Menteri yang mengurusi peternakan untuk fokus peternakan Sapi,” tegas Presiden.

Acara HUT ke-56 Provinsi NTT kali ini turut dihadiri oleh Perdana Menteri Republic Democratic Timor Leste (RDTL).  Selain itu juga hadir Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Dalam acara HUT ke-56 NTT ini juga dilakukan penandatanganan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta di bidang Peternakan dan Gubernur Jawa Tengah di bidang Perikanan. Selain itu,  juga akan dibangun kerja sama antara tiga kota Darwin, Kupang, dan Dili.

Setelah mengikuti HUT ke-56, Presiden Jokowi rencana melakukan groundbreaking Bendungan Regnamo, dan melakukan kunjungan ke Atambau, Ibukota Kabupate Belu, yang merupakan wilayah perbatasan RI  negara Timor Leste.

Presiden Jokowi dan rombongan akan terbang dengan helikopter TNI AD untuk meninjau pertabatasan RI – Timor Leste di Atambua, dan akan berdialog dengan warga Indonesia yang tinggal di daerah tersebut.

Dari Atambua, Presiden Jokowi langsung menuju Kabupaten Kupang untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Bendungan Reknamo sekaligus berdialog dengan masyarakat setempat sebelum bertolak ke Jakarta melalui Jogjakarta.

(EN/RAM/ES)

 

Berita Terbaru