Semarak Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Kepala Bekraf: Tunjukkan Indonesia Kaya Budaya

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 26 Agustus 2017
Kategori: Berita
Dibaca: 24.336 Kali
Kesenian yang tampil pada Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8). (Foto: Humas/Rahmat)

Kesenian yang tampil pada Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8). (Foto: Humas/Rahmat)

Dengan mengangkat tema ‘Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama’, Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan menunjukkan kayanya Indonesia akan budaya. Hal ini disampaikan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, saat ditanya rekan-rekan wartawan di Bandung, Jawa Barat (26/8).

Negara Indonesia kaya akan budaya, menurut Triawan, dengan pengemasan yang lebih baik diharapkan karnaval-karnaval seperti ini akan menarik wisatawan.”Kita harus mengakui kita masih lemah dalam hal pengemasan,” ujar Triawan.

Disampaikan Triawan masih banyak negara lain yang budayanya tidak sekaya Indonesia. Namun, lanjut Kepala Bekraf, negara lain bisa mengemas budaya tersebut menjadi suguhan yang menarik. Melalui penyelenggaraan karnaval-karnaval seperti ini, tambah Kepala Bekraf, diharapkan budaya Indonesia lebih dikenal masyarakat. Karnaval kali ini menampilkan kekayaan budaya dari perwakilan Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

Ada juga penampilan rombongan Atlet Senam Indah Kota Bandung, Rombongan Rebana Pondok Pesantren Nurul Iman, Barisan Jaka Tarub, Kuda Renggong Sumedang, dan Kerja sama Masyarakat Adat. Karnaval juga diramaikan dengan penampilan Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, Bebegig Ciamis, Domba Garut, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya berbagai provinsi di Indonesia.

Karnaval ini juga melibatkan berbagai komunitas anak muda dan komunitas budaya di Bandung, seperti Paguyuban Sepeda Baheula Bandung, Komunitas Historia Van Bandung, Pemain Engrang Jack Obin, Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Priangan, Atlet Sepatu Roda KONI Bandung, dan Komunitas Cosplay Bandung. (RMI/RAH/EN)

Berita Terbaru