Semarakkan Bulan Kemerdekaan, Inilah Tujuh Program Utama Rumah Digital Indonesia

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 30 Juli 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 60 Kali

Memasuki bulan kemerdekaan Indonesia pada Agustus 2021, pemerintah menghadirkan Rumah Digital Indonesia (RDI), sebuah ruang virtual yang menjadi wadah Perayaan Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-76 RI) bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Seperti pesan Presiden, Rumah Digital Indonesia ini hadir sebagai wadah partisipasi dan kebersamaan seluruh masyarakat Indonesia. Jadi kita juga ingin Rumah Digital ini menjadi rumah perwujudan dan simbol Indonesia yang inklusif dan kolaboratif,” ujar Staf Khusus (Stafsus) Presiden Putri Tanjung, dalam Keterangan Pers mengenai Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia, Jumat (30/07/2021).

Putri, yang juga merupakan Ketua Bidang Pengembangan Konten RDI, mengatakan bahwa seluruh masyarakat dapat merayakan kemerdekaan tanpa ada sekat serta lebih mengenal keragaman budaya Indonesia dengan bantuan teknologi ini.

“RDI ini hadir sebagai wadah partisipasi dan kebersamaan di mana kita bisa merayakan kemerdekaan tanpa ada sekat, berkolaborasi membuat karya yang bisa dinikmati bersama, mengapresiasi produk UMKM karya anak bangsa, dan belajar lebih mengenal Indonesia dengan segala kekayaan ragam budaya dan keindahannya,” ujarnya.

Tujuh Program Utama
Masyarakat dapat mengakses Rumah Digital Indonesia melalui laman rumahdigitalindonesia.id secara gratis mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2021. Setiap pengakses dapat mengikuti event dan festival untuk memeriahkan HUT ke-76 RI yang bertemakan “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Perayaan secara digital itu pertama kalinya dihadirkan melalui arena virtual 360 di Indonesia dengan tujuh program utama.

Pertama, Panggung Nasional yang merupakan panggung utama RDI. Di sini antara lain akan disajikan kegiatan pembukaan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 1 Agustus 2021 yang dilanjutkan dengan Bincang Bangsa. Selanjutnya, pada 16 Agustus 2021 ada siaran langsung Upacara Detik-detik Proklamasi, Pidato Kenegaraan, Selebrasi Kemerdekaan, dan Komedi Lokal bersama tokoh publik.

Kedua, Arena Lomba yang biasa berlangsung selama peringatan kemerdekaan. Mulai dari lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, hingga panjat pinang secara virtual.

“Yang seru bukan hanya bermain, kita juga bisa berkompetisi antarpeserta. Nanti akan ada papan skor untuk melihat siapa pemenang dari semua peserta. Jadi kita lomba tujuh belasan tapi pesaingnya bukan hanya tetangga satu RT tapi seluruh Indonesia,” ungkap Putri.

Ketiga, Ruang Seni dan Budaya yang membuat pengunjung bisa menikmati berbagai konten kesenian dari berbagai penjuru nusantara. Seperti tarian daerah, pembacaan puisi serta syair, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik daerah maupun nasional.

RDI juga membuka kesempatan kepada semua warga Indonesia baik di dalam negeri atau luar negeri untuk ikut memeriahkan Peringatan HUT ke-76 RI. Setiap orang bisa mengirimkan hasil karya berupa video melalui ke tautan bit.ly/joinvideokreasiHUTRI76 sebelum tanggal 20 Agustus 2021. Karya terpilih akan ditampilkan di Ruang Seni dan Budaya RDI dan bisa ditonton seluruh masyarakat Indonesia.

Keempat, Ruang Komunitas yang menyediakan beragam konten perayaan unik kemerdekaan. Bahkan telah dirancang segmen ‘Cerita Kemerdekaan’ serta fitur filter foto Perayaan ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia serta filter Rumah Digital Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk kreasi visual.

“Nanti juga akan ada pameran foto dari wartawan Istana yang akan menampilkan foto-foto spesial kegiatan Istana,” ucap Putri.

Kelima, Pasar Lokal. RDI memberi kesempatan pelaku UMKM unggulan dari 34 provinsi untuk mengenalkan produk mereka kepada masyarakat melalui pasar lokal dan bazar virtual serta terhubung dengan marketplace.

“Di dalam Pasar Lokal masyarakat bisa melihat bazar virtual produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang dapat terhubung dengan empat marketplace dan kategorinya selain yang umum di marketplace seperti fesyen, kuliner, dekorasi, herbal dan spa, ada juga wastra,” kata Putri.

Keenam, Ruang Literasi Digital yang menghadirkan berbagai konten mengenai pemanfaatan internet untuk kegiatan positif dan produktif. Lewat ruang itu diharapkan dapat menciptakan ruang digital yang menyenangkan, sehat, aman, dan beretika.

Terakhir, Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia. Dalam Petualangan Nusantara pengakses bisa memanfatkan fitur berupa peta interaktif mengenai informasi pada setiap provinsi yang meliputi destinasi wisata, kuliner khas daerah. Sementara untuk Wajah Indonesia akan ditampilkan sosok pahlawan lokal yang telah berbuat sesuatu yang luar biasa dan berdampak bagi daerahnya.

Kehadiran platform digital RDI ini merupakan wujud kolaborasi pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Agama, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (DND/UN)

Berita Terbaru