Semarakkan Bulan Kemerdekaan RI di Rumah Digital Indonesia

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 30 Juli 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 193 Kali

Keterangan pers tentang Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia (RDI), Jumat (30/07/2021), secara virtual. (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bangsa Indonesia akan kembali merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) pada bulan Agustus mendatang. HUT ke-76 RI ini mengangkat tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Dalam rangka menambah semarak Peringatan HUT RI, sejak 2017 pemerintah telah menginisiasi Bulan Kemerdekaan, yang meliputi acara pokok kenegaraan, berbagai acara festival, serta kegiatan bernuansa khidmat seperti Zikir dan Doa Kebangsaan yang merupakan tradisi pembuka Bulan Kemerdekaan.

“Setiap tahun kegiatan yang sifatnya festive itu berbeda-beda, yang sama itu adalah doa kebangsaan, yang sama lagi adalah acara kenegaraan, misalnya Pengukuhan Paskibraka, Penganugerahan Tanda Kehormatan, ada Pidato Kenegaraan, kemudian ada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, dan lain-lain,” ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam keterangan pers tentang Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia (RDI), Jumat (30/07/2021), secara virtual.

Mensesneg menambahkan, peringatan kali ini akan digelar secara sangat minimalis mengingat situasi pandemi COVID 19, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta  fokus pada kegiatan-kegiatan virtual.

“Tahun 2020 lalu kita kan juga sudah masuk di era pandemi COVID-19, waktu itu Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi maupun Upacara Penurunan Bendera sudah dilakukan secara minimal. Yang hadir secara fisik sudah sangat minimal, petugas upacaranya juga sangat minimal, masyarakat yang diundang juga diundang secara daring,” ujarnya.

Pada tahun ini Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas akan menggunakan formasi lengkap 17 – 8 – 45 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sejak seleksi di daerah, karantina dan pelatihan, hingga bertugas di Istana Merdeka. Jarak antar pasukan dalam barisan juga akan diperlebar dan terdapat sejumlah penyesuaian teknis lainnya.

Kemeriahan Bulan Kemerdekaan tahun ini akan berpindah ke platform-platform digital. Berbagai kegiatan akan lebih banyak menitikberatkan pada aktivitas-aktivitas virtual sehingga masyarakat dapat merasakan pengalaman yang baru. Pada tahun ini, suasana kemerdekaan secara digital dapat dinikmati masyarakat melalui kanal Rumah Digital Indonesia www.rumahdigitalindonesia.id, selama satu bulan penuh mulai tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2021.

Rumah Digital Indonesia (RDI) hadir sebagai ruang bertemunya kemajuan teknologi digital dengan semangat nasionalisme sebagai bangsa yang tangguh dan terus bertumbuh, untuk melampaui batas-batas fisik yang ada. Dengan semangat kebersamaan untuk merayakan Hari Kemerdekaan secara virtual, RDI menjadi salah satu bukti bahwa bangsa Indonesia mampu dan berdaya secara digital.

RDI akan menayangkan rangkaian Upacara Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021, beragam pertunjukkan seni, panggung hiburan, permainan khas kemerdekaan, pasar digital produk usaha mikro, kecil, dan menengah unggulan, serta kegiatan lainnya yang kesemuanya dikemas secara digital.

“Arenanya digital, jadi semangatnya, kemeriahannya, tetap sama, ruangnya beda. Rasa syukurnya, daya juang yang kita serap dari perjuangan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaannya tetap sama. Berusaha berkontribusi untuk kemajuan dan kemanusiaan tetap sama, tetapi arenanya memang akan banyak digeser ke arena virtual,” pungkas Pratikno. (TGH/UN)

Berita Terbaru