Sepanjang Hari Ini, Presiden Jokowi Bertemu Dunia Usaha Jepang

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 24 Maret 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 25.324 Kali
Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri bertemu dengan para pengusaha yang tergabung dalam JETRO, di Hotel New Otani, Tokyo. Jepang, Selasa (24/3) pagi

Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri bertemu dengan pengusaha yang tergabung dalam JETRO, di Hotel New Otani, Tokyo. Selasa (24/3) pagi

Pada hari ketiga kunjungan kerjanya ke Jepang, Selasa (24/3), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan rangkaian pertemuan dengan kalangan dunia usaha di negara tersebut.

Pada Selasa (24/3) pagi pukul 09.00 waktu setempat, Presiden Jokowi sudah mengawal pertemuan dengan para pengusaha yang tergabung dalam Japan External Trade Organization (JETRO), di Hotel New Otani, Tokyo.

Saat tiba di lokasi pertemuan, Presiden Jokowi dan rombongan langsung disambut oleh Chairman JETRO Hiroyuki Ishige, dan selanjutnya bersama-sama delegasi resmi menuju Ruang Sakura, B Floor.

Dalam pertemuan tersebut, Chairman JETRO menyampaikan laporan mengenai penyelenggaraan Business Forum dan aktivitas kerjasama JETRO dengan Indonesia.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri Perdagangan Rahmat Gobel dan Ketua BKPM Franky Sibarani telah menandatangi Nota Kesepahaman di bidang perdagangan dan investasi dengan pemimpin JETRO tersebut.

Ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut adalah Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Seskab Andi Widjajanto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dan Menteri BUMN Rini Sumarmo.

Kadin Jepang

Setelah bertemu para pengusaha yang tergabung dalam JETRO, Presiden Jokowi dan rombongan pada Selasa (24/3) siang dijadwalkan akan dijamu santap siap oleh Keidanren (Federasi bisnis Jepang) dan Kadin Jepang.

Sore harinya, Presiden Jokowi akan melaksanakan pertemuan pribadi dengan para pengusaha dari Suzuki, J Power, IHI Corp, JICA, IX NEO, dan JBIC.

Dalam pertemuan itu, pihak Suzuki dilaporkan akan menyampaikan perkembangan rencana investasi di Indonesia senilai 1 miliar dollar AS, J Power mengenai implementasi pembangkit listrik di Jawa Tengah, dan IHI Corp melaporkan rencana ekspansi industri perkapalan serta industri mesin.

Sedangkan JICA membahas perkembangan kerja sama bilateral, IX Neo mengenai rencana kerja sama dengan Pertamina dalam rangka pembaruan kapasitas sumur di Kalimantan Timur, dan JBIC tentang rencana pendanaan beberapa proyek infrastruktur dan energi. (Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru