September, Kaltim Terima 11 Ribu Sapi ‘Breeding’ Australia

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 29 Agustus 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 16.544 Kali

Sapi bredingProgram kerjasama Pemprov Kaltim dengan Pemerintah Australia mendatangkan 11 ribu ekor sapi indukan (breeding) mulai direalisasikan. Pengiriman pertama 11 ribu sapi breeding tersebut  dimulai pada Selasa (25/8) lalu.

“Pengiriman sapi breeding untuk sapi indukan impor 11 ribu ekor dibagi tiga gelombang. Mudahan tidak ada masalah,” kata Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim, Dadang Sudarya, di Samarinda, Selasa (25/8).

Pengiriman pertama sapi breeding dari Darwin (Australia) itu dan diperkirakan sampai di Balikpapan pada 1 September 2015. Sedangkan pengiriman kedua 19 Oktober, dan dilanjutkan pengiriman ketiga secara bertahap pada 19 November.

Sapi indukan kemudian ditempatkan di penampungan sementara di Pelabuhan  Petikemas Balikpapan selama seminggu untuk pemeriksanaan kesehatan. Kemudian dikirim ke lokasi-lokasi pengembangan yang ditetapkan.

“Di petani 200 kelompok sudah siap dengan kandang, rumput, dan pagar. Kita siapkan. Sebelumnya juga sudah dilakukan workshop dan pelatihan di masing-masing kabupaten/kota,” katanya.

Dadang menilai program sapi breeding tersebut diharap berdampak pada peningkatan produksi daging di Kaltim. Gilirannya diharap mewujudkan target swasembada pangan karena peternak mampu memenuhi perkiraan kebutuhan konsumsi masyarakat.(diskominfo kaltim/es)

Nusantara Terbaru