Serahkan Bantuan Traktor, Presiden Jokowi Minta Jabar Tambah Produksi Beras 2 Juta Ton/Tahun

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 26 Desember 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 23.231 Kali
Presiden Jokowi berdialog dengan petani Jabar, di Kec. Compreng, Kab. Subang, Jabar, Jumat (26/12)

Presiden Jokowi berdialog dengan petani Jabar, di Kec. Compreng, Kab. Subang, Jabar, Jumat (26/12)

Seusai menyerahkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara di Balai Besar Tanaman Padi, Subang, Jawa Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Compreng, di kabupaten yang sama, Jumat (26/12).

Di tempat ini, Presiden Jokowi menyerahkan batuan 1.099 unit traktor kepada seluruh petani di Provinsi Jawa Barat. Namun, Presiden juga meminta agar Jawa Barat mampu meningkatkan produksinya sebanyak 2 juta ton per tahun guna mendukung program swasembada pangan nasional.

“Saya menginginkan jawa barat mempunyai kesanggupan untuk menambah produksi beras 2jt ton, sanggup?” tanya Jokowi yang langsung dijawab,  “Sanggup!” oleh para petani yang hadir di acara itu secara serentak.

Presiden mengaku, tahun ini pemerintah baru memberikan sumbangan 1.099 unit traktor. Namun tahun depan mungkin akan bertambah lagi, mungkin bisa 2 hingga 3 kali lipat traktornya. Namun, Presiden Jokowi meminta janji Gubernur Jabar Ahmad Hermansyah untuk bisa menambah hasil produksi pangan hingga 2 juta ton/tahun.

Menurut Jokowi,  Jawa Barat memang mempunyai tugas paling besar karena harus menambah produksi pangannya hingga 2jt ton. Ia menyebutkan, hal ini  karena Jawa Barat merupakan lumbung pangan.

“Jadi  saya harapkan ini betul-betul kita gunakan dalam rangka meningkatkan produksi karena kita tidak mau lagi negara kita, Indonesia import beras lagi dari luar. Saya malu waktu bertemu Presiden Vietnam sebulan yang lalu, ditanya Presiden jokowi beli beras lagi dari saya kapan ya?” papar Jokowi.

Untuk itulah, menurut Presiden Jokowi, pemerintah juga akan memperbaiki irigasi yang sudah 15 tahun ini tidak pernah diperbaiki. Pemerintah juga akan membangun banyak waduk untuk mendukung program swasembada pangan itu.

“Kenapa saya berpanas panas disini melihat traktor karena saya ingin negara kita swasembada, kita punya kedaulatan pangan, kita punya ketahanan pangan,” ujar Jokowi.

Tampah hadir dalam acara penyerahan 1.099 unit traktor itu antara lain Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Mensesneg Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan  Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. (Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru