Serahkan DIPA 2014, Seskab Minta Pengadaan Barang/Jasa Dilakukan Secara Transparan

Oleh Alfurkon Setiawan
Dipublikasikan pada 24 Desember 2013
Kategori: Kawal APBN
Dibaca: 12.112 Kali

dipa_setkab2-1Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam meminta jajarannya agar Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2014 dan Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) dapat segera diimplementasikan dengan tepat waktu, tepat sasaran, dan jangan ada kemandekan apa pun.

“Manfaatkan dana dalam DIPA dan POK secara tertib, efisien, efektif, transparan, akuntabel, dan taat pada peraturan perundang-undangan,” kata Seskab Dipo Alam saat menyerahkan DIPA Tahun 2014 dan POK kepada unit kerja di lingkungan Sekretariat Kabinet, di kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta, Selasa (24/12).

Meski demikian, Seskab mengingatkan, agar dalam pengadaan barang dan jasa dilakukan secara transparan, kredibel, dan akuntabel sesuai ketentuan tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Guna mencegah terjadinya penyimpangan dalam proses pengadaan, Seskab Dipo Alam menyarankan para pejabat di lingkungan Sekretariat Kabinet untuk menggunakan e-procurement secara optimal.

Pertahankan WTP

Dalam kesempatan itu, Seskab Dipo Alam menegaskan, perlunya jajaran Sekretariat Kabinet mempertahankan opini yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan yang sudah berhasil dicapai di tahun 2012 yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Jika ada temuan BPK segera dipelajari dan tindaklanjuti, agar tidak menjadi permasalahan serius yang dapat mempengaruhi opini WTP,” pesan Seskab.

Bila ada masalah, misalnya adalam proses pengadaan,lanjut Seskab, ia meminta jajarannya agar memanfaatkan peran pengawasan internal—inspektorat—sebelum menjadi temuan BPK.

Penyerahan DIPA 2014 dan POK itu dihadiri oleh para Deputi Seskab, Staf Khusus Presiden, Utusan Khusus Presiden, Staf Khusus Seskab, dan para pejabat eselon II di lingkungan Sekretariat Kabinet. (Humas Setkab/ES)

Kawal APBN Terbaru