Seskab: Arab Saudi Berikan Apresiasi Luar Biasa Kepada Presiden Jokowi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 12 September 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 33.234 Kali
 Raja Saudi Salman memberikan penghargaan King Abdulaziz Medal kepada Presiden Jokowi, di Jeddah, Sabtu (12/9)

Raja Saudi Salman memberikan penghargaan King Abdulaziz Medal kepada Presiden Jokowi, di Jeddah, Sabtu (12/9)

Sambutan luar biasa Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dengan menjemput langsung kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di gerbang pesawat Kepresidenan yang ditumpanginya kala mendarat di Bandara Internasional Jeddah, Jumat (11/9) malam, serta adanya jamuan makan siang, dan penganugerahan menganugerahkan penghargaan King Abdulaziz Medal yang disematkan langsung oleh Raja Salman disambut baik oleh Pemerintah Republik Indonesia.

“Jadi apa yang kita lihat dan kita saksikan bersama pada hari ini betul-betul Kerajaan Saudi Arabia memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Presiden Jokowi dan pemerintahan,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung kepada wartawan seusai mendampingin Presiden Jokowi upacara kenegaraan dan , bilateral dan jamuan makan siang di Istana Raja Saudi Arabia, di Istana Al-Salam Diwan Malaki, Jeddah, Sabtu (12/9) sekira pukul 15.35 waktu Jeddah atau pukul 19.35 WIB.

Seskab menilai, penghargaan yang diberikan Raja Saudi Arabia itu merupakan penghormatan dan sekaligus persahabatan sebagai seorang pemimpin negara berpenduduk Islam terbesar di dunia.

Ampunan TKI

Mengenai pembicaraan bilateral kedua negara, Seskab Pramono Anung mengatakan, Presiden Jokowi mengundang investasi dari Arab Saudi karena Indonesia sekarang sedang membangun infrastruktur maka diundang untuk masuk, seperti kilang minyak, jalan, pelabuhan dan berbagai objek bisnis lainnya.
Selain itu juga diundang untuk masuk dibidang investasi keuangan,

Selain itu, lanjut Mas Pram panggilan akrab Pramono Anung,  Presiden Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih atas namajemen haji selama ini meskipun terdapat beberapa kekurangan dan sekaligus memohon permintaan maaf ampunan kepada 4 (empat) orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dihukum mati.

“Raja akan membicarakan khusus persoalan tersebut, daan Raja menyampaikan ada hal yang menjadi kewenangan raja dan ada hal domain privasi dari korban,” kata Mas Pram seraya menyebutka, pada pukul 16.00 waktu setempat, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saudi mengutus Menteri Pertahanan sekaligus Putra Mahkota untuk bertemu secara detail dengan Presiden Jokowi.

Seskab menyebut agenda pertemuan antara Pemerintah RI dengan Kerajaan Arab Saudi dalam satu hari ini sangat berlangsung padat sekali. Ia menyebutkan setelah Menteri Pertahanan, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Keuangan Arab Saudi akan bertemu Presiden Jokowi sebagai bukti keseriusan hubungan yang dibangun kedua pemerintahan.

Karena itu, Seskab Pramono Anung meyakini kunjungan Presiden Jokowi kali ini berbeda dengan kunjungan kenegaraan sebelumnya. “Kali ini kita membahas lebih rinci, terutama di bidang pendanaan, investasi, dan infrastruktur,” kata Seskab. (DNS/ISP/ES)

Berita Terbaru