Seskab dan Menko PMK Pastikan Semua Persiapan Penyelenggaraan Asian Games 2018 Sesuai Jadwal

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 25 Oktober 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 21.390 Kali
Pernyataan pers oleh Menko PMK Puan Maharani dan pejabat terkait usai ratas Asian Games 2018, Senin (24/10). (Foto: Humas/Jay)

Pernyataan pers oleh Menko PMK Puan Maharani dan pejabat terkait usai ratas Asian Games 2018, Senin (24/10). (Foto: Humas/Jay)

Pemerintah memastikan pada prinsipnya seluruh persiapan penyelenggaraan Asian Games (AG) XVIII yang akan digelar di DKI Jakarta, Banten, Jabar, dan Sumsel pada 2018 mendatang telah berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan. Diharapkan, dua bulan sebelum pesta olahraga negara-negara Asia itu digelar, semua persiapan sudah bisa diselesaikan.

“Pada prinsipnya untuk menyambut pelaksanaan Asian Games pada tahun 2018, insya Allah pada bulan Juni seluruh persiapan, 2 bulan sebelum penyelenggaraan, itu bisa terselesaikan termasuk uji coba dan sebagainya,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung kepada wartawan usai Rapat Terbatas (ratas) yang membahas persiapan Asian Games 2018, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (24/10) petang.

Mengenai logo, maskot, dan juga beberapa hal yang menjadi hambatan atau handicap, menurut Seskab, dalam ratas telah diputuskan nanti akan ada Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur keseluruhan, termasuk penggunaan anggaran supaya tidak tumpang tindih dan lebih efektif. “Tadi Ibu Menteri Keuangan juga sudah setuju.,” ujarnya.

Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menambahkan, sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2016, ada tiga hal yang kemudian harus dilakukan oleh semua Kementerian/Lembaga yang terkait dengan Inpres tersebut. Ketiga hal itu adalah sukses prestasi yang menjadi tanggung jawab dari Kemenpora; kemudian sukses penyelenggaraan, ada di Kemenpora dan INASGOG atau KOI; dan sukses persiapan sarana dan prasarana atau infrastruktur di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Dalam ratas kali ini semuanya sudah mengacu kepada target-target yang ada, bahwa semua wisma atlet yang ada di Jakarta dan di Palembang akan selesai maksimal pada bulan Juli 2017. Kemudian sudah pelaksanaannya sampai sekarang sudah 25 persen yang ada di Jakarta, juga yang ada di Jakabaring, bahkan akan selesai pada bulan Desember 2017. Sehingga semuanya sudah dalam on schedule,” jelas Puan.

Adapun yang berkaitan dengan sukses prestasi, Menko PMK menegaskan, target Indonesia adalah meraih 20 medali dari 450 medali yang akan diperebutkan.

Sementara untuk sukses penyelenggaraan, saat ini memang menjadi tanggung jawab dari Kemenpora dengan KOI atau INASGOG untuk bisa menyiapkan sukses penyelenggaraan dengan sebaik-baiknya.

Semua Siap

Berkaitan dengan venue-venue atau renovasi yang ada di Gelora Bung Karno, Menko PMK Puan Maharani menjelaskan, saat ini semuanya sudah dalam on the track. Juga yang ada di Jakarta berkaitan dengan equestrian dan velodrome semuanya juga sedang dalam proses yang akan selesai pada tahun 2017. Satunya lagi adalah 2018 pertengahan Juni, namun pemerintah akan melakukan percepatan sehingga semuanya itu akan selesai akhir 2017.

Untuk Sumsel, lanjut Puan, Gubernur sudah menyatakan kesiapannya untuk menjadi salah satu tuan rumah selain Jakarta yang akan dilakukan di Gelora Bung Karno. “Nanti kita akan lakukan di Palembang di Stadion Jakabaring.

Kemudian untuk Jawa Barat begitu juga, karena baru selesai melaksanakan PON diharapkan bahwa semua venue yang ada di Jawa Barat akan siap untuk dilaksanakan Asian Games pada tahun 2018,” jelas Puan seraya menambahkan adapun untuk Banten, semua hal yang akan berkaitan dengan Asian Games, menurut Puan, akan dilakukan di ICE Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang.

Dalam kesempatan itu Menko PMK Puan Maharani juga mengemukakan, bahwa sebagai salah satu penunjang dari pelaksanaan sukses penyelenggaraan Asian Games tahun 2018, maka pembangunan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) yang ada di Palembang akan selesai per 1 Januari 2018. “Kemudian membutuhkan waktu kurang lebih 4-5 bulan untuk penyesuaian sehingga pada saat pelaksanaan Asian Games bulan Agustus yang akan datang di Palembang akan siap,” ujarnya.

Begitu juga faktor penunjang LRT yang ada di Jakarta, menurut Puan, akan siap sebelum tahun 2018 sehingga itu pun bisa menjadi salah satu faktor penunjang sukses dari penyelenggaraan Asian Games yang akan datang. (FID/ES)

Lihat juga:

Video Pengantar Presiden Pada Rapat Terbatas mengenai Persiapan Asian Games 2018 (24/10)

Video Keterangan Pers Setelah Rapat Terbatas mengenai Persiapan Asian Games 2018 (24/10)

Berita Terbaru