Seskab: Hilirisasi Industri Bawa Efek Berganda Bagi Perekonomian Indonesia

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 27 Juli 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 1.543 Kali

Seskab Pramono Anung menjadi pembicara kunci pada Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi IA-ITB Angkatan III dan BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2023, di Gedung Lembaga Lemhannas, Jakarta, Kamis (27/07/2023) pagi. (Foto: Humas Setkab/Agung)

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menegaskan bahwa program hilirisasi industri penting untuk dilanjutkan karena dapat memberikan efek berganda atau multiplier effect bagi perekonomian Indonesia, salah satunya meningkatkan cadangan devisa negara.

Hal tersebut disampaikan Seskab saat menjadi pembicara kunci pada Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Angkatan III dan BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2023, di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta, Kamis (27/07/2023) pagi.

“Contoh ini nikel, maka multiplier effect pendapatan kita di sektor ini luar biasa. Semua tidak membayangkan bahwa pada hari ini cadangan devisa kita itu sudah hampir 139 miliar Dolar AS yang dulu tidak pernah tercapai,” ujar Seskab.

Seskab meyakini hilirisasi industri yang terus dilakukan dan ekosistem kendaraan listrik yang tengah dibangun pemerintah akan membawa lompatan besar bagi bangsa Indonesia, terlebih Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah.

“Kalau hilirisasi ini bisa dilanjutkan, maka ini bisa menjadi terobosan yang luar biasa bagi kita, apalagi kalau kemudian EV battery atau baterai untuk mobil listrik itu betul-betul kita menjadi dominan, menjadi pemain utamanya. Karena yang ada, bahan dasarnya ada di kita, terutama nikel, litium,” ujarnya.

Selain hilirisasi industri, Pramono Anung juga menekankan mengenai pentingnya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk kemajuan bangsa Indonesia.

“Ini akan menjadi awal baru untuk Indonesia akan menjadi sebuah negara yang betul-betul menjadi besar dan disegani,” ujarnya.

Pembangunan IKN, lanjut Seskab, bukan hanya sekadar pembangunan fisik tetapi juga upaya pemerintah untuk membangun peradaban baru.

“Itu bukan sekadar memindahkan ibu kota, tetapi kita memindahkan banyak hal, terutama tentang kultur, tentang budaya, cara kerja, spirit, semangat, sistem yang baru,” kata Seskab.

Seskab pun mengungkapkan ketertarikan sejumlah pihak untuk terlibat dalam pembangunan IKN yang telah menjadi program prioritas pemerintah tersebut.

“Banyak sekali investor sekarang ini datang meminta bagian untuk bisa berpartisipasi. Karena apa? Karena ekonomi kita bagus, politiknya stabil, kita punya demokrasi yang stabil,” ujarnya.

Oleh karena itu, Seskab juga menekankan pentingnya untuk menjaga stabilitas politik di tanah air, terutama memasuki tahun politik dan pemilihan umum pada tahun 2024 mendatang.

“Kita tahun ini sedang menghadapi tahun politik, pilihan bisa berbeda-beda yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga persatuan kesatuan, komunikasi yang terbuka, menjaga kebersamaan. Inilah yang menjadi kekuatan kita bersama,” tandasnya. (TGH/MAY/KS/FID/UN)

Berita Terbaru