Seskab Pramono Anung Raih Penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 8 Maret 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 608 Kali

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung meraih Piala Adicita Sewaka Pertiwi. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada acara “Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik di Lingkup Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah Tahun 2021”, Selasa (08/03/2022), di Hotel Interncontinental Jakarta Pondok Indah.

Penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi diberikan untuk pimpinan kementerian/lembaga (K/L) serta kepala daerah yang telah berhasil meraih minimal dua tahun berturut-turut Predikat “A” atau “Pelayanan Prima”.

Selain Seskab Pramono Anung, pimpinan kementerian/lembaga yang memperoleh penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi adalah Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim.

Pada tahun 2021, Kementerian PANRB telah melaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap 548 instansi pemerintah daerah baik kabupaten/kota dan provinsi, serta 84 kementerian/lembaga. Pada pemerintah provinsi, evaluasi ini dilakukan pada sistem administrasi manunggal satu atap (SAMSAT) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sedangkan pada pemerintah kabupaten dan kota, evaluasi dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan DPMPTSP.

Pelaksanaan evaluasi pelayanan publik menekankan penilaian pada enam aspek yang mendorong unit penyelenggara pelayanan publik untuk dapat memberikan layanan yang prima. Keenam aspek tersebut adalah kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

Berdasarkan evaluasi tersebut, Sekretariat Kabinet (Setkab) dengan lokus pelayanan Asisten Deputi (Asdep) Bidang Hubungan Kemasyarakatan dan Protokol, Kedeputian Bidang Dukungan Kerja Kabinet (DKK) berhasil meraih penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPPP) Kategori “Pelayanan Prima” Tahun 2021 atau Predikat “A”. Sedangkan Seskab Pramono Anung memperoleh penghargaan Pembina Pelayanan Publik Kategori “Pelayanan Prima” Tahun 2021 atau Predikat “A”. Setkab dan Seskab Pramono Anung berhasil mempertahankan raihan yang diperoleh di tahun sebelumnya.  (FID/UN)

Berita Terbaru