Seskab Serahkan Lukisan ke George Washington University

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 26 September 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 105.642 Kali
Seskab Serahkan Lukisan ke George Washington University

Seskab Serahkan Lukisan ke George Washington University

Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam yang ikut mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan sebuah lukisan kepada George Washington Uiversity (GWU), yang diterima oleh Executive Director Alumni Relation, Karen S. White, di kampus universitas tersebut, di Washington DC, Jumat (26/9) waktu setempat.

Menurut Seskab, lukisan George Washington dibuat selama hampir satu bulan. Ia berharap lukisan ini dapat menjadi simbol hubungan persahabatan dari Indonesia kepada GWU. “Karena itulah kami berharap lukisan ini dapat menjadi salah satu koleksi lukisan yang terpasang di Gedung Alumni GWU,” ujarnya.

Penyerahan lukisan George Washington itu, lanjut Seskab, tidak hanya akan memperkuat jalinan persahabatan alumni dan almamater, tetapu juga hubungan Indonesia – Amerika Serikat, mengingat banyaknya warga Indonesia seperti dirinya yag menjadi alumni George Washington Uiversity.

Lebih lanjut Dipo Alam menambahkan dalam lukisan tersirat harapan semakin membaiknya hubungan Indonesia – AS di masa depan. “Simbol warna merah putih dalam lukisan menunjukkan nuansa Indonesia di George Washington University (GWU. Ini adalah simbol harapan agar hubungan indonesia dan AS semakin erat dlm berbagai bidang, termasuk hubungan antara GWU dan alumninya dari Indonesia ” ucap Seskab yang disambut tepuk tangan undangan yang hadir di acara tersebut.

Karen S White selaku Executive Director Alumni Relation GWU dalam sambutannya mengatakan, sangat menghargai pemberian lukisan George Washington dari Seskab. Ia menegaskan, bahwa semangat dan harapan dari lukisan tersebut sangat sejalan dengan nilai-nilai persahabatan yang selalu dijunjung tinggi oleh GWU.

Lebih lanjut Karen menambahkan alumni GWU dari Indonesia selalu memberikan nilai tersendiri dalam multikulturalisme yang tumbuh subur di GWU. Lukisan ini akan selalu terpampang di GWU sebagai sebuah representasi persahabatan dari alumni kepada GWU, dan lebih jauh lagi dari Indonesia kepada AS serta sebaliknya.

Kerjasama Universitas Pertahanan

Dalam kunjungan ke GWU itu, Seskab Dipo Alam juga menyaksikan penandatanganan Letter of Inten (LoI) di bidang pendidikan antara Universitas Pertahanan Jakarta degan George Washington University.

Kerjasama yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Pertahana Dr. D.A. Mamahit dengan Presiden GWU Steven Knapp itu bertujuan untuk melakukan kerjasama di bidang penelitian dan pengembangan antara mahasiswa Uiversitas Pertahanan dengan GWU.

Selain itu, kedua universitas juga menjajaki kemungkinan penyelenggaraan pendidikan non-degree dalam bidang pengembangan profesional dan program akademik, serta program yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Dalam LoI dinyatakan, bahwa LoI belum mengikat sampai ada Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Sementara jangka waktu LoI akan berakhir jika sudah ada perjanjian yang definitif antara kedua belah pihak, atau sampai dengan 30 September 2017.

Penyerahan patung George Washington itu merupakan rangkaian kegiatan kunjungan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ke George Washington University untuk memberikan kuliah umum di hadapan civitas akademika universitas tersebut, Jumat (26/9) waktu setempat.

(YH/TJI/BPS/ES)

Berita Terbaru