Sesmenko Polhukam Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda di Lingkungan Istana

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 28 Oktober 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 25.067 Kali

sumpah-pemuda-1Sekretaris Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Sesmenko Polhukam) Langgeng Sulistiyono memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda bagi instansi-instansi pemerintah di lingkungan sekitar Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/10) pagi.

Upacara yang berlangsung di halaman kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) ini dihadiri oleh para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemeterian Sekretariatr Negara, Sekretariat Kabinet, Kemenko Kesra dan Kemenko Polhukam.

Dalam upacara itu, Sesmenko Polhukam Langgeng Sulistiyono membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang mengatakan, Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Ir. Joko Widodo amat relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju, yaitu pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

“Oleh karena itu, Revolusi Mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat,” kata Menpora.

Untuk itu, lanjut Langgeng meruskan sambutan tertulis Menpora, pembangunan kepemudaan secara berkelanjutan harus terus dilaksanakan melalui proses penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.

Menpora juga menyebutkan, pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas yang tinggi, yang mampu mengatasi pelbagai persoalan yang dihadapinya dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global.

“Pemuda yang maju adalah pemuda yang mampu berfikir positif, yang senantiasa terus berorientasi pada kejayaan bangsanya demi keunggulan dan kegemilangan masa depan, tidak mudah menyerah, bertanggungjawab dan senantiasa melakukan yang terbaik untuk dirinya, masyarakatnya dan untuk bangsanya,” kata Menpora.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun ini mengangkat tema ”Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan”. Tema tersebut menurut Menpora, mengandung pesan agar para pemuda dapat memainkan perannya secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam pembangunan nasional.

Soliditas pemuda, lanjut Menpora, sangat penting artinya untuk mencapai kemajuan pemuda sebagai syarat utama kemajuan suatu bangsa. Jika pemuda solid maka bangsa akan semakin maju, kuat dan bersatu, sehingga pembangunan dapat dilaksanakan secara lancar dan berkelanjutan.

Seiring dengan itu, kata Menpora, pada tahun 2015 akan memasuki era Komunitas Asean. Untuk itu para pemuda harus mempersiapkan diri agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

“Kita adalah bangsa yang besar yang memiliki sumber daya alam berlimpah, memiliki sejarah leluhur bangsa yang hebat, kebudayaan yang unggul, masyarakat yang toleran, dan sumber daya manusia yang semakin lama semakin baik. Mentalitas bangsa, khususnya para pemuda harus terus dibangun agar menjadi pemuda-pemuda yang unggul, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing sehingga dapat berkompetisi dalam persaingan global yang semakin hari semakin kompetitif,” ujar Menpora sebagaimana dikutip Sesmenko Polhukam. (Humas Setkab/ES)

 

Berita Terbaru