Setelah Dilantik, Presiden Terpilih Harus Hadapi Agenda Forum Internasional

Oleh Alfurkon Setiawan
Dipublikasikan pada 10 September 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 71.235 Kali

transisiHanya beberapa saat seusai dilantik pada 20 Oktober 2014 mendatang, Presiden Terpilih hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2014, Joko Widodo (Jokowi) sudah harus menghadapi berbagai forum internasional. Informasi ini disampaikan Menko Perekonomian Chairul Tanjung saat bersama Menko Kesra Agung Laksono menerima kehadiran Tim Transisi Jokowi – Jusuf Kalla (JK), di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/9).

“Tidak lama lagi Pak Jokowi dilantik menjadi Presiden, beliau harus mengikuti sejumlah pertemuan internasional besar,” kata CT, panggilan akrab Chairul Tanjung, dalam keterangannya kepada wartawan bersama tim transisi Jokowi-JK.

Menurut Menko Perekonomian,  sejumlah pertemuan internasional yang memerlukan kehadiran presiden terpilih adalah KTT APEC, KTT ASEAN dan Asia Timur serta forum G20, yang seluruhnya berlangsung pada periode Oktober dan November 2014.

“Ini banyak membahas permasalahan ekonomi di dalamnya. Kami membicarakan hal teknis lainnya agar persiapannya matang karena ini membawa wajah Indonesia di mata dunia. Dan Pak Jokowi harus betul-betul siap,” ungkap CT.

Ia menyebutkan, KTT APEC akan berlangsung di Beijing, Tiongkok pada Oktober 2014, sedangkan KTT ASEAN dan Asia Timur berlangsung di Myanmar pada November 2014, diikuti forum G20 yang diselenggarakan di Brisbane, Australia pada November 2014.

Dalam pertemuan dengan Tim Transisi Jokowi-JK itu, menurut CT, juga dibahas hal-hal lainnya seperti percepatan pengajuan RAPBN-Perubahan 2015, rancangan pembangunan jangka menengah panjang, anggaran pendidikan dan kesehatan, serta masalah infrastruktur dan kelanjutan program MP3EI.

Kepala Staf Kantor Transisi Jokowi-JK, Rini Soemarno memberikan apresiasi atas pembicaraan yang berlangsung konstruktif, dan mengharapkan proses transisi dari pemerintahan saat ini ke pemerintahan selanjutnya berjalan dengan baik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan SBY yang memberikan perhatian penuh, agar transisi antarpemerintahan berjalan lancar. Kami berharap ada komunikasi lanjutan yang mendalam setelah adanya pemerintahan baru,” kata Rini.

Perwakilan tim transisi yang hadir dalam pertemuan dengan Menko Perekonomian Chairul Tanjung dan Menko Kesra Agung Laksono, yang juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan M. Lutfi adalah Kepala Staf Kantor Transisi Jokowi-JK Rini Soemarno yang didampingi para Deputi Tim Transisi antara lain Andi Widjajanto, Hasto Kristiyanto, Akbar Faisal dan Eko Putro Sandjojo.(ANT/ES)

Berita Terbaru