Setelah Ikuti Bimtek Penulisan Berita, Humas Setkab Dipacu Tulis Berita Lebih Cepat

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 25 November 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 22.330 Kali

BimtekNulisBeritaHumas Sekretariat Kabinet (Setkab) terus melakukan penguatan kemampuan dalam mengolah informasi dan penyampaikannya secara lebih cepat. Inilah yang melatarbelakangi penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Berita di Ruang Rapat Biro Umum, Gedung III Kemensetneg, Jumat (25/11).

“Kesempatan ini lah penyegaran atau pendalaman. Mungkin Pak Indiwan punya kiat-kiat tersendiri bagaimana kita bisa membuat berita lebih mudah, lebih gampang. Karena kita dipacu juga untuk lebih cepat. Seskab mengharapkan beritanya tidak kalah secara kecepatan,” ujar Asdep Bidang Humas dan Protokol, Alfurkon Setiawan saat membuka bimtek.

Bimtek kali ini sengaja menghadirkan narasumber yang mempunyai latar belakang dosen dan wartawan. Indiwan Seto Wahyu Wibowo adalah instruktur dan pengajar di Ilmu Komunikasi di Universitas Multimedia Nusantara. Sebelumnya, Indiwan menjadi editor di LKBN Antara. Ia juga dikenal sebagai penulis buku dan peneliti.

Penulisan berita sendiri sudah akrab di kalangan humas Setkab yang salah satu fungsinya melakukan peliputan kegiatan Sekretariat Kabinet, Sekretaris Kabinet, acara Presiden, dan acara-acara di lingkungan Istana Kepresidenan.

“Setiap harinya, kami meliput, baik itu hasilnya berupa berita, foto, video, termasuk transkip. Dan itu, dibuat berita yang nanti beritanya dimuat di laman www.setkab.go.id  termasuk di media sosial,” jelas Alfurkon.

Website setkab.go.id sendiri, lanjut Alfurkon, selalu mempublikasikan kegiatan yang ada di lingkungan Istana, termasuk penyelenggaraan Sidang Kabinet Paripurna maupun Rapat Terbatas.

Sementara informasi yang disajikan adalah informasi terkini yang selalu update dan terpercaya karena berasal dari wawancara langsung dengan narasumber, maupun informasi resmi dari Istana Kepresidenan.

Disampaikan oleh Alfurkon, setelah selesai Bimtek ini, harapannya peserta mampu memahami dan menguasai teknik dalam penulisan berita baik untuk website maupun media sosial lainnya.  “Agar Asdep Humas mempunyai SDM yang mumpuni, yang bisa bekerja dengan baik, membuat berita dengan baik, terkini dan terpercaya, benar, dan bisa dipertanggungjawabkan,” jelas Alfurkon.

Dalam Bimtek ini, peserta ditantang untuk dapat menentukan nilai dari sebuah berita, lengkap dengan unsur 5 W dan 1 H-nya. Peserta juga ditantang untuk melakukan simulasi pembuatan berita yang berasal dari sambutan Presiden.

Sebelumnya, Setkab juga menyelenggarakan bimtek untuk menguatkan kemampuan pembuatan infografis di kalangan humas Setkab, Kamis (24/11) lalu.

Seperti bimtek sebelumnya, Bimtek Penulisan Berita diikuti oleh sekitar 20 peserta yang berasal dari pejabat dan pegawai di lingkungan Asdep Bidang Humas dan Protokol serta perwakilan Asdep lain di lingkungan Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet serta Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Kabinet (RMI/ES)

Berita Terbaru