Setkab Dorong Peran Aktif ASN dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 12 Desember 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 170 Kali

Sosialisasi P4GN di Setkab, Selasa (12/12/2023), secara daring. (Sumber: Tangkapan Layar)

Sekretariat Kabinet (Setkab) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bagi pejabat dan pegawai di lingkungan Setkab, Selasa (12/12/2023), secara daring.

Sosialisasi yang menghadirkan Penyuluh Narkotika Ahli Utama Yunis Farida Oktoris ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan mendorong peran aktif ASN Setkab dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

“Indonesia berada di situasi darurat narkotika yang mana kejahatan narkotika merupakan salah satu kejahatan extraordinary yang merupakan kejahatan yang terorganisir. Kita ketahui bersama penyalahgunaan narkotika sangat rapi sekali kondisinya sangat marak,” ujar Yunis.

Yunis mengungkapkan, prevalensi penyalahgunaan narkoba di Indonesia cukup tinggi, yaitu mencapai 1,95 persen dari jumlah penduduk. Namun, Yunis juga mengakui kesadaran masyarakat untuk mengatasi penyalahgunaan ini masih cukup rendah.

“Prevalensi ini masih cukup tinggi, kita sudah bersatu padu untuk memeranginya tapi kesadaran masyarakat untuk mengatasi bahaya narkoba masih sangat minimal,” ujarnya.

Oleh karena itu, Yunis mendorong peran aktif ASN untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba, baik di kalangan aparat pemerintah maupun di tengah masyarakat.

“Bilamana kita yang jadi ASN tidak mempelopori sebagai relawan atau pegiat ataukah dapat menyebarluaskan informasi, hal ini akan berpengaruh kepada situasi dan kondisi yang ada di Indonesia,” tandasnya. (KS/UN)

Berita Terbaru