Setkab Peroleh Nilai B Atas Hasil Penilaian SAKIP Tahun 2014

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 24 September 2014
Kategori: Uncategorized
Dibaca: 84.285 Kali

Sekretariat Kabinet (Setkab) kembali memperoleh penghargaan terkait laporan keuangannya. Kali ini, berdasarkan hasil penilaian Tim Evaluasi Pemerintah, Sekretariat Kabinet mendapatkan penilaian B penghargaan atas  hasil evaluasi  Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pusat dan provinsi tahun 201, atau meningkat dibanding perolehan tahun sebelumnya yang memperoleh penilaian CC.

Atas prestasinya itu, Wakil Sekretaris Kabinet Ibnu Purna menerima penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Presiden Boediono

Wakil Sekretaris Kabinet Ibnu Purna menerima penghargaan atas  hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) pusat dan provinsi tahun 2014 yang diserahkan oleh Wakil Presiden, di Kantor Wakil Presiden, Rabu (24/9).

Dalam acara yang dihadiri oleh menteri-menteri anggota Kabinet Indonesia Bersatu II, kepala lembaga non-pemerintah, dan gubernur dari seluruh Indonesia, Wakil Presiden Boediono mengakui dalam lima tahun terakhir ini cukup banyak hasil yang diperoleh. Tapi ia menyebutka, dalam lima tahun ini pula masih banyak yang belum diselesaikan.

“Pembangunan kita sangat tergantung sektor publik. Sektor publik dapat menjadi inovator, tapi dapat juga menghambat dan menggerogoti,” ujar Wapres.

Wapres juga mengingatkan pentingnya pemberian reward dan penalty. “Penalty ada, reward-pun ada. Harusnya pemberian penalty tidak hanya terkait instansi tapi juga pada individu,” ujar Wapres.

Sementara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, bahwa setiap tahun dilakukan evaluasi  kinerja pemerintah. Tahun ini evaluasi dilakukan oleh Kementerian PAN-RB, BPKP, dan Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional.

Ia menyebutkan, evaluasi kinerja pemerintah dilakukan terhadap komponen, perencanaan kinerja, program kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja, dan pencapaian kinerja.

Menurut Azwar, pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja Kementerian/Lembaga dari tahun ke tahun semakin meningkat. “Hal ini terlihat dari tren rata-rata nilai akuntabilitas K/Ldari tahun 2009 sebesar 46,76 sebesar 46,76 dengan kategori “C” (agak kurang) dan pada tahun 2014 meningkat menjadi 64,56 dengan kategori “CC” (cukup baik),” ujarya.

Diuraikan Azwar, tahun 2014 ini kondisi akuntabilitas kinerja K/L dengan kategori “AA” (memuaskan) masih belum ada, kategori “A” (sangat baik) sebesar 7 K/L, Kategori “B” (baik) sebesar 42 K/L, kategori “CC” (cukup baik) sebanyak 31 K/L, kategori “C” (agak kurang) sebanyak 3 kementerian/lembaga dan kategori “D” (kurang) sudah tidak ada.

Menteri PAN-RB berharap, pemberian penghargaan ini akan menjadi pendorong dan motivasi untuk turut meningkatkan kinerjanya. (Humas Setkab/ES)

Uncategorized Terbaru