Setkab Terima Apresiasi Opini WTP, Waseskab: Motivasi Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 22 September 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 205 Kali

Menkeu Sri Mulyani memberikan apresiasi atas raihan opini WTP atas Laporan Keuangan Setkab yang diterima oleh Waseskab Fadlansyah Lubis, Kamis (22/09/2022, di Gedung Dhanapala, Kemenkeu. (Foto: Humas Kemenkeu)

Sekretariat Kabinet (Setkab) memperoleh apresiasi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan selama sepuluh tahun berturut-turut sejak 2012. Penghargaan tersebut secara langsung diterima oleh Wakil Sekretaris Kabinet (Waseskab) Fadlansyah Lubis, Kamis (22/09/2022) pagi, pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021, di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan.

Waseskab Fadlansyah Lubis menyampaikan penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi Setkab untuk meningkatkan kualitas pengelolaan laporan keuangan.

“Alhamdulillah kita kali ini mendapatkan WTP dan 10 kali berturut-turut. Mudah-mudahan penghargaan yang diberikan pada hari ini bisa memberikan atau menambah motivasi buat teman-teman, utamanya teman-teman di unit yang melakukan pengelolaan keuangan agar ke depannya dalam mengelola keuangan jauh lebih baik lagi,” ujar Waseskab saat ditemui usai menerima penghargaan.

Tak lupa, Fadlansyah pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh elemen Setkab terutama aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di unit pengelolaan keuangan yang menjaga agar penggunaan anggaran berjalan secara tepat guna dan tepat sasaran.

“Artinya, utamanya teman-teman di unit pengelolaan keuangan itu konsisten menjaga dalam setiap unit atau sektor di lingkungan Setkab  dalam penggunaan anggarannya. Tepat guna, tepat sasaran, dan sesuai dengan program-program kegiatan yang memang dari awal sudah disusun dan diusulkan,” ujarnya.

Waseskab juga berkomitmen untuk tetap menjaga kualitas laporan keuangan Setkab agar tetap memperoleh opini WTP di tahun-tahun mendatang.

“Target ke depannya karena kategori hari ini ada 15 kali berturut-turut, kita harus 15 kali berturut-turut, itu. Tentunya 5 kali ke depan lagi kita harus WTP, sehingga kita dapat kategori 15 kali berturut-turut,” tandasnya.

Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 ini mengangkat tema, “Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja Untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Rakernas ini bertujuan untuk memberikan apresiasi atas raihan opini WTP, mewujudkan penguatan kualitas dan akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintah, serta meningkatkan awareness dan menjaga komitmen serta kesamaan langkah dalam percepatan pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional. (FID/UN)

Berita Terbaru