Siap Tampung Pemudik, Menteri PUPR: Tol Cikapali Diresmikan Sebelum Puasa

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 25 Mei 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 54.901 Kali
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjawab wartawan, di kantor Presiden, Jakarta, Senin (25/5) sore

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjawab wartawan, di kantor Presiden, Jakarta, Senin (25/5) sore

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menginformasikan, jalan tol Cikapali (Cikampek-Palimanan) dan Pejagan-Brebes insya Allah sudah bisa dimanfaatkan untuk arus mudik tahun 2015 ini.

“Jadi dari Cikopo-Palimanan yang 116 km itu Jembatan Ciherang kan sudah mulai dicor kemarin, jadi kita ikutin hari perhari. Jadi kalau Cikopo-Palimanan mudah-mudahan optimistis bisa kita resmikan sebelum puasa,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada wartawan seusai mengikuti rapat terbatas, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (25/5) sore.

Sementara tol Palimanan-Pejagan yang agak rusak, menurut Menteri PUPR, akan bisa diperbaiki.

Kemudian Pejagan-Brebes yang dikerjakan oleh Waskita, lanjut Baski, paling tidak akan bisa dilalui minimal oleh kendaraan kecil.

Tambah Anggaran

Dalam kesempatan itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga mengemukakan, bahkan Kementerian PUPR saat ini mendapat alokasi anggaran Rp 110 triliun untuk kepentingan infrastruktur. Anggaran ini sebanyak Rp 30,5 triliun digunakan untuk sumber daya air, Untuk Bina Marga Rp 47,6 triliun, untuk permukiman Rp 20,6 triliun, dan untuk perumahan Rp 8,5 triliun.

“Sisanya untuk 7 (tujuh) unit eselon I,” kata Basuki.

Menteri PUPR menjelaskan, anggaran Rp 110 triliun itu belum mencakup untuk penyelesaian Trans Papua, terutama untuk tanah, sehingga diusulkan tambahan sekitar Rp 15 triliun, yang akan digunakan untuk tanah Rp 8 triliun, untuk Sumber Daya Air Rp 5 triliun, untuk Cipta Karya Rp 1,5 triliun, dan untuk perumahan Rp 1 triliun.

“Beliau juga oke, dan itu supaya dikaji oleh Bappenas dan Keuangan untuk bisa dilaporkan, dibahas Bappenas, Keuangan, dan Presiden setelah ini,” pungkas Menteri PUPR.

(Humas Setkab/ES)

 

Nusantara Terbaru