Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2022, 23 Februari 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 23 Februari 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 642 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2022, 23 Februari 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati Wakil Presiden Republik Indonesia, Ketua Mahkamah
Agung, Hakim Agung dan hakim ad hoc;
Ketua dan anggota lembaga-lembaga negara yang hadir;
Para Pimpinan Mahkamah Agung negara-negara sahabat;
Yang Mulia Duta Besar negara-negara sahabat, para menteri, hadirin dan undangan yang berbahagia.

Saat ini dan juga ke depan, Mahkamah Agung dan pengadilan-pengadilan di bawahnya menghadapi tantangan yang semakin berat, terutama dalam merespons harapan masyarakat untuk mendapatkan putusan yang menjamin kepastian hukum yang berkeadilan. Tantangan itu harus dijawab dengan langkah-langkah perbaikan, langkah-langkah reformasi yang berkelanjutan dan tidak pernah berhenti, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat, khususnya kepercayaan para pencari keadilan pada Mahkamah Agung dan pengadilan-pengadilan di bawahnya, dan menempatkan Mahkamah Agung sebagai benteng terakhir para pencari keadilan.

Saya berharap Mahkamah Agung terus melakukan langkah-langkah nyata dan berkelanjutan untuk memperkuat kemampuan meningkatkan kualitas dan menjaga integritas para hakim, bekerja sama yang erat dengan Komisi Yudisial untuk menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, dan perilaku hakim dengan memperkuat system tracking, tidak lanjut status follow up, dan evaluasi atas rekomendasi yang diberikan oleh Komisi Yudisial kepada Mahkamah Agung. Penjatuhan sanksi disiplin dan evaluasi kinerja kepada para hakim yang melanggar kode etik, perlu terus ditegakkan. Rotasi dan pengawasan perlu terus dilakukan untuk menjaga profesionalitas, integritas, dan menjauhkan para hakim dari praktik-praktik yang tidak terpuji, seperti praktik makelar kasus. Reward dan punishment juga diperlukan sesuai dengan prinsip meritokrasi.

Bapak, Ibu, dan hadirin yang saya muliakan,
Saya juga terus mendorong Mahkamah Agung untuk terus melaksanakan modernisasi pelayanan publik melalui inovasi dan teknologi, sehingga dapat memangkas waktu untuk menghadirkan peradilan yang efektif dan efisien.

Saya rasa, itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini.
Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru