Sidang Kabinet Paripurna mengenai Penetapan RPJMN 2020-2024, 6 Januari 2020, di Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 6 Januari 2020
Kategori: Pengantar
Dibaca: 104 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan.

Yang saya hormati Bapak Wakil Presiden, para  Menko, para Menteri, Panglima TNI, Kapolri, Ka-BIN, Jaksa Agung, seluruh Kepala Lembaga yang hadir.

Ini adalah Sidang Kabinet Paripurna yang pertama di tahun 2020. Untuk itu, yang pertama saya ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2020 kepada Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian. Dan nantinya akan dibahas penetapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk 2020-2024 oleh Kepala Bappenas, Menteri Bappenas.

Dan sebelumnya, saya ingin kembali lagi menyampaikan, mengingatkan kepada seluruh kementerian dan lembaga agar belanja di bulan-bulan awal ini dipercepat, terutama yang berkaitan dengan anggaran-anggaran modal, belanja-belanja modal. Sekali lagi, agar belanjanya dipercepat. Ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi. Diingatkan ke semua eselon 1, 2, 3, dan 4 agar hal-hal yang berkaitan mungkin dengan juknis (petunjuk teknis) dan lain-lain agar segera diselesaikan.

Yang kedua, yang berkaitan dengan Natuna. Saya kira seluruh statement yang disampaikan sudah sangat baik, bahwa tidak ada yang namanya tawar-menawar mengenai kedaulatan, mengenai teritorial negara kita.

Yang ketiga, yang berkaitan dengan banjir. Ini agar seluruh kementerian yang berkaitan dengan banjir benar-benar terus terjun ke bawah, baik yang berkaitan dengan kesehatan, berarti Menteri Kesehatan, yang berkaitan dengan bantuan-bantuan, berarti Menteri Sosial. Yang berkaitan dengan bantuan-bantuan mungkin juga di Kementerian BUMN, yang bisa menggerakkan BUMN agar bergerak, meskipun saya lihat semuanya sudah bergerak tapi ini perlu saya ingatkan lagi. Kementerian Dalam Negeri, juga tolong diingatkan seluruh kepala daerah agar semuanya waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana, terutama dalam musim hujan yang ekstrem seperti sekarang ini, ada persiapan, ada perencanaan, ada persiapan evakuasi.  Kemudian juga agar disampaikan oleh TNI dan Polri, setiap kejadian agar secepatnya bisa membantu ke lapangan, juga Basarnas, juga BNPB. Saya kira perintah tidak usah saya ulang-ulang lagi.

Dan penyelesaian yang berkaitan dengan Omnibus Law, saya harapkan bisa terselesaikan dalam minggu-minggu ini atau paling lambat minggu depan.

Saya rasa itu sebagai pengantar pembukaan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan selanjutnya langsung saya persilakan Menteri Bappenas untuk menyampaikan mengenai penetapan RPJMN 2020-2024. Saya silakan.

Pengantar Terbaru