Soal Pelantikan Wakapolri, Presiden Jokowi: Saya Beri Kesempatan Kapolri Perkuat Kinerja

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 22 April 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 42.455 Kali
Pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Wakapolri dan Komjen Syarifudin sebagai Kalemdikpol oleh Kapolri Badrodi Haiti, di Mabes Polri, Rabu (22/4) siang

Pelantikan Komje Pol Budi Gunawan sebagai Wakapolri dan Komjen Syarifudin sebagai Kalemdikpol oleh Kapolri Badrodi Haiti, di Mabes Polri, Rabu (22/4) siang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah bertemu Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Badrodin Haiti terkait pelantikan Wakil Kapolri (Kapolri).

“Saya perintahkan kepada Kapolri untuk melakukan konsolidasi kelembagaan, dan saya beri kesempatan kepada Kapolri untuk memperkuat kinerja Polri,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan di Media Center, Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KAA) ke-60, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (22/4) petang.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi menanggapi pertanyaan wartawan terkait pelantikan Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawan sebagai Wakapolri oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/4) siang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, semula Komjen Budi Gunawan adalah calon Kapolri yang sudah disetujui oleh DPR-RI, namun tidak jadi dilantik oleh Presiden Jokowi karena adanya perbedaan di masyarakat. Presiden Jokowi kemudian mengajukan Wakapolri (saat itu) Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri, yang sudah disetujui oleh DPR-RI, dan telah dilantik oleh Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (17/4) lalu.

Menurut Presiden Jokowi, ia sudah memerintahkan Kapolri untuk memperkuat dan memperbaiki kelembagaan, mekanisme kerja di internal, dan juga pengawasan, selain juga pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. (Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru