Sore Ini, Presiden Jokowi Terima Kunjungan Presiden Mesir Abdel Fatah Al-Sisi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 4 September 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 26.543 Kali
Presiden Mesir Abdel Fatah Al-Sisi

Presiden Mesir Abdel Fatah Al-Sisi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (4/9) sore ini sekitar pukul 16.00 WIB dijadwalkan akan menerima kunjungan kenegaraan Presiden Mesir Abdel Fatah Al-Sisi, di Istana Merdeka, Jakarta.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arrmanatha Nasir mengatakan, dalam kunjungan itu Presiden Mesir akan melakukan pertemuan bilateral membahas isu-isu yang terkait dengan perdagangan dan investasi.

“Isu yang dibahas dua kepala negara, terutama hal yang berkaitan dengan perdagangan dan investasi,” kata Arrmantha kepada wartawan di kantor Kemlu, Jakarta, Jumat (4/9).

Menurut Arrmanatha, Mesir merupakan mitra dagang terbesar bagi Indonesia di Afrika Utara. Total nilai perdagangan bilateral RI-Mesir pada 2014 mencapai 1,4 miliar dollar Amerika Serikat (AS), dengan surplus perdagangan yang cukup besar untuk Indonesia.

“Dalam pertemuan nanti, Pemerintah Indonesia akan memastikan kepada Pemerintah Mesir untuk mengurangi atau menghilangkan berbagai hambatan bagi produk-produk Indonesia, baik hambatan tarif maupun nontarif,” ungkap Arrmanatha.

Adapun menyangkut investasi, menurut Arrmanatha, jumlah investasi Indonesia di Mesir mencapai 260 juta dollar AS, khususnya untuk industri produk makanan instan, barang pecah belah, tekstil, dan ban. “Kita akan meminta Pemerintah Mesir agar investasi kita di negara itu dilindungi dan untuk mendapatkan kemudahan-kemudahan,” ujarnya.

Dalam jadwal resmi yang dikeluarkan oleh Istana Presiden di Jakarta, Presiden Mesir akan diterima Presiden Joko Widodo dengan upacara penghormatan resmi kenegaraan akan dilakukan di halaman depan Istana Merdeka Jakarta, Jumat (4/9).

Selanjutnya kedua pemimpin negara akan melakukan pertemuan empat mata yang kemudian diikuti dengan pertemuan bilateral delegasi kedua negara.

Pada Jumat malam, Presiden Joko Widodo akan melangsungkan jamuan makan malam untuk menghormati kunjungan Presiden Mesir.

(*/ANT/ES)

 

 

Berita Terbaru