Suguhan Budaya dan Kuliner Nusantara Warnai Jamuan Makan Malam KTT LB OKI

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 7 Maret 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 10.667 Kali
Suasana acara welcoming dinner yang diselenggarakan di Assembly Hall, JHCC, Jakarta (6/3).

Suasana acara welcoming dinner yang diselenggarakan di Assembly Hall, JHCC, Jakarta (6/3). (Foto: BPMI/Rusman)

Presiden Joko Widodo menjamu delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa ke-5 Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dalam acara welcoming dinner yang diselenggarakan di Assembly Hall, JCC, Jakarta (6/3). Jamuan tersebut diselenggarakan untuk menghormati para delegasi yang hadir dalam KTT yang membahas mengenai masalah Palestina dan Al-Quds Al Sharif.

Bermacam hidangan dari berbagai daerah di Indonesia disajikan di hadapan delegasi yang datang dari lebih 50 negara ini. 

Untuk menu utama makan malam, kepala negara dan pemerintahan menyantap nasi putih, udang dengan bumbu ragam rempah dan daun jeruk, cumi panggang dengan madu, tumis sayur daun dewa dengan bawang putih dan acar sayur.

Sedangkan pada makanan pembuka, hidangan yang disajikan adalah salad campur dengan kepiting soka goreng tepung saus jeruk. Selain itu, makanan lain yang dihidangkan adalah sup daging sapi dengan rempah dan bawang goreng, domba panggang dengan saus kari, sate maranggi, sate ayam.

Sementara itu, para delegasi dari masing-masing negara yang mengikuti KTT menyantap menu makanan utama dengan nasi biryani yakni nasi yang dimasak bersama rempah-rempah, sayuran, atau daging, domba dengan saus kari dan yogurt, ikan barramundi panggang bumbu kecap, terong panggang balado dan acar sayur.

Pada menu pembuka, ada hidangan paprika panggang, salad campur dengan ayam gulung bumbu kuning. Dilengkapi dengan sup ikan asam pedas dengan belimbing wuluh.

Untuk makanan penutup, para pemimpin dan delegasi negara-negara anggota OKI menyantap bubur kampiun dan dadar gulung.

Selain hidangan yang beranekaragam, berbagai ragam seni dan budaya Indonesia juga disajikan dalam santap malam ini.

Sebagai pembuka adalah tarian Zapin Seri Buantan dari provinsi Riau. Selanjutnya penyair Taufik Ismail membacakan puisi tentang Palestina. Tarian Samon Gayo Lues dari Aceh juga ditampilkan di hadapan para delegasi. Alunan musik dari Twilite Orchestra pimpinan komposer Addie MS mengiringi para delegasi saat menikmati sajian santap malam.

“Malam ini saya ingin menjadi tuan rumah yang baik. Selamat menikmati hidangan santap malam, selamat menikmati beragam budaya Indonesia serta keramahtamahan bangsa kami,” kata Jokowi kepada para delegasi.

(TKP/UN)

Nusantara Terbaru