Tahun Depan, Pemerintah Bangun Bandara Baru di Teluk Wondama

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 5 April 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 16.628 Kali
Teluk Wondama

Teluk Wondama

Saat melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam peresmian Pelabuhan Wasior, di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Selasa (5/4), Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyinggung mengenai kondisi Bandara Margono, Kabupaten Teluk Wondama yang  hanya memiliki runway sepanjang 600 meter dan tidak dapat diperpanjang lagi.

Menurut Menhub, Pelabuhan Wasior semula dibangun untuk menjadi pelabuhan rakyat. Sejak tahun 2010 diperbaiki hingga tahun lalu, dan kini telah menjadi pelabuhan yang memiliki fasilitas cukup baik.

“Pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang penting untuk melayani wilayah di sekitar Kabupaten Teluk Wondama dan telah menjadi bagian dari kapal tol laut,” kata Jonan.

Namun, lanjut Menhub, saat ini bandara itu hanya baru bisa didarati pesawat single engine dengan kapasitas 6-10 orang, dan terbang selama 30 menit.

“Panjang runway hanya 600 meter tidak bisa diperpanjang lagi karena wilayah padat. Jadi kalau Pemerintah Kabupaten punya tanah akan kami coba bangun sehingga konektivitas meningkat,” katanya.

Mendengar laporan tersebut, Presiden Jokowi dalam sambutannya memutuskan untuk membangun bandara dengan runway yang panjang. “Tapi tugasnya gubernur dan bupati menyiapkan lahan. Tahun depan airport dibangun,” ucapnya

Presiden berharap bandara baru di Kabupaten Teluk Wondama itu bisa segera dipindah dan dibangun mulai tahun depan. “Tahun depan airport dibangun biar pesawat gede bisa turun, masa hanya pendek,” katanya.

Saat ini Bandara Margono di Teluk Wondama hanya bisa didarati pesawat single engine dengan kapasitas 6-10 orang, dan terbang selama 30 menit. Sementara harga tiket berkisar Rp1,5 juta sampai Rp2 juta per orang, sedangkan jika menggunakan kapal hanya perlu Rp200.000 per tiket.

(TKP/ES)

Nusantara Terbaru