Target Selesai Akhir Maret 2020, Presiden Jokowi Tinjau Fasilitas Bandara YIA di Kulon Progo

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 31 Januari 2020
Kategori: Berita
Dibaca: 99 Kali

Presiden Jokowi saat meninjau Bandara YIA di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I. Yogyakarta, Jumat (31/1) sore. (Foto: Humas/Jay)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau fasilitas Bandar Udara (bandara) Yogyakarta International Airport di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I. Yogyakarta, Jumat (31/1) sore.

“Ini pekerjaan besar yang diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat, kurang lebih 20 bulan, 20 bulan bangunan, runway sebesar ini. Sangat besar sekali. Karena bangunannya sendiri ada 219 ribu meter persegi,” ujar Presiden menjawab pertanyaan wartawan usai peninjauan.
Kepala Negara juga menyampaikan kepada Gubernur Provinsi DI Yogyakarta, Sultan Hamengkubuwono X, bahwa secara detail pekerjaan bagus dan ini dikerjakan oleh BUMN Indonesia.
Pada kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan kepuasannya meski secara umum akan melihat kembali jika sudah selesai seluruhnya di bulan Maret akhir.
“Nanti kalau sudah selesai baru. Ini kan penataannya baru dalam proses semuanya. Tapi yang perlu saya sampaikan, kecepatan dalam membangun ini patut diapresiasi. 20 bulan itu bukan waktu yang lama, pendek banget, tapi bisa dikerjakan,” ujar Presiden.
Menurut Presiden, semua bandara di Indonesia yang diinginkan adalah pelayanan yang cepat sehingga traffic-nya itu semakin padat.
“Kita ini kan semua bandara arahnya ke traffic, semakin banyak traffic itu yang kita maui. Semua bandara orientasinya akan ke sana, sehingga pelayanan yang cepat,¬† service yang cepat itu adalah menjadi kunci,” tambahnya.
Hitung-hitungan yang ada di sini sekarang, sambung Presiden, penumpang 8,4 juta per tahun, kapasitas ini 20 juta, ada sebuah kelonggaran yang sangat besar, kurang lebih 11 juta kelonggaran kapasitas.
“Itu yang harus diarahkan agar penerbangan-penerbangan baru slot-slot diberikan kepada penerbangan yang membawa turis sebanyak-banyaknya ke Yogya dan sekitarnya,” tambahnya.
Soal peralihan dari Bandara Adisucipto, Presiden menyampaikan seluruhnya nanti akan dipindah. “Jadi di Maret diharapkan sudah geser ke sini semuanya. Di sana disisakan hanya untuk pesawat baling-baling,” pungkas Presiden.
Sebagai informasi, setibanya di lokasi sekitar pukul 14.30 WIB, Presiden Jokowi langsung meninjau fasilitas-fasilitas yang ada di Bandara Yogyakarta International Airport.
Dalam agenda ini, Presiden didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur D.I. Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X. (MAY/EN)
Berita Terbaru