Tegaskan Komitmen Capai SDGs, Presiden Jokowi Ingatkan Perlunya Solusi Lokal

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 25 Oktober 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 20.944 Kali

Presiden Jokowi membuka The 17th Assembly Meeting of INTOSAI WGEA di Hotel Fairmont Jakarta, Selasa (25/10) pagi. (Foto: Humas/Oji)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen Indonesia dalam tujuan pembangunan berkelanjutan atau Suistainable Development Goals (SDGs) sebagaimana tercermin dalam kandungan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2015-2019. Namun Presiden mengingatkan, bahwa setiap negara memiliki kondisi lokal masing-masing yang memerlukan solusi lokal dalam mengupayakan pembangunan berkelanjutan.

“Memang tujuan keberlanjutan di tiap negara adalah sama dengan tujuan di tingkat global, tetapi cara mencapainya harus memperhatikan kondisi budaya dan perspektif lokal. Karena itu, kita semua perlu terus bekerja sama, perlu terus tukar-menukar pengalaman. Kita semua perlu Supreme Audit Institutions (SAI),” kata Presiden Jokowi saat membuka The 17th Assembly Meeting of International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI) Working Group on Environmental Auditing (WGEA) di Hotel Fairmont Jakarta, Selasa (25/10) pagi.

Sebagai institusi audit, Presiden Jokowi berharap SAI meningkatkan partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas para pemangku kepentingan dalam menerapkan SDGs. Terutama dalam meningkatkan kualitas sistem pengawasan, sistem data, dan sistem informasi.

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini bertujuan untuk membantu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu yang berkaitan dengan audit lingkungan, memfasilitasi pertukaran informasi dan pengalaman antar badan pemeriksa, serta mempublikasikan pedoman dan informasi lainnya.

BPK sebagai Ketua WGEA mengajak BPK-BPK sedunia untuk berperan aktif mengawal capaian SDGs yang telah dicanangkan PBB pada September 2015.

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Mensesneg Pratikno, Ketua dan Wakil Ketua BPK.

Usai membuka acara ini, Presiden Joko Widodo langsung bertolak menuju Bandara Halim Perdanakusuma dan berangkat menuju Thailand untuk memberikan penghormatan terakhirnya kepada mendiang Raja Bhumibol Adulydej. (DND/ES)

Berita Terbaru