Temui Seskab, Dubes Anil Kumar Undang Presiden Jokowi Hadiri Hari Jadi Singapura

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 19 Mei 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 23.840 Kali
Seskab Andi Widjajanto memperkenalkan Deputi Polhukam Seskab Fadlansyah Lubis kepada Dubes Singapura di Jakarta Anil Kumar Nayar, di ruang kerjanya, di Jakarta, Selasa (19/5)

Seskab Andi Widjajanto memperkenalkan Deputi Polhukam Seskab Fadlansyah Lubis kepada Dubes Singapura di Jakarta Anil Kumar Nayar, di ruang kerjanya, di Jakarta, Selasa (19/5)

Duta Besar (Dubes) Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar, didampingi Sekretaris Pertama Kedubes Singapura di Jakarta Nicolla-Anne Singh menemui Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto, di ruang kerjanya, Gedung I Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (19/5) siang.

Dalam pertemuan itu, Dubes Singapura meminta konfirmasi kembali rencana kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belum terealisir. Rencananya, Presiden Jokowi akan menghadiri Peringatan Hari Jadi Singapura ke-50 pada tanggal 9 Agustus mendatang.

Sebelumnya, melalui nota diplomatik, Pemerintah Singapura melalui Kedutaannya di Jakarta berharap Presiden Jokowi bisa berkunjung ke negeri itu pada tanggal 28-30 Juli mendatang.

Mitra Penting

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, bahwa Singapura masih menjadi mitra dagang terpenting Indonesia. “Singapura adalah mitra dagang terbesar ketigasetelah RRT dan Jepang. Total nilai perdagangan tahun 2014 sebesar 41,99 miliar,” ungkapnya.

Andi berharap agar Pemerintah Singapura dapat terus mendorong investasi perusahaan-perusahaan Singapura untuk menanamkan modalnya, khususnya di bidang infrastruktur.

Dalam bidang lingkungan hidup, Seskab Andi Widjajanto dan Dubes Singapura Anil Kumar Nayar sepakat perlunya didorong implementasi kerjasama Trilateral maupun Bilateral antara RI-Malaysia-Singapura dalam mengatasi pencemaran laut dan pantai di Selat Malaka dan Selat Singapura, dengan tetap memperhatikan ketentuan hukum internasional yang berlaku dan kedaulatan negara pantai.

Dalam pertemua itu, Duta Besar Singapura juga menyampaikan perhatiannya pada permasalahan pengungsi Rohingya.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia memiliki komitmen serius dalam menangani permasalahan Rohingya.

“Permasalahan Rohingya dibahas dalam Ratas dan Pertemuan Presiden dengan Pempimpin Lembaga Tinggi Negara. Selain itu, Kementerian Luar Negeri telah melakukan pertemuan trilateral dengan pihak Malaysia dan Thailand,” papar Andi.

Mendampingi Seskab Andi Widjajanto dalam kesempatan itu adalah Fadlansyah Lubis (Deputi bidang Polhukam Sekretariat Kabinet), Makmur Keliat (Staf Khusus Sekretaris Kabinet), dan Iwan Freddy Hari Susanto (Kasubdit bidang Polkam I, Direktorat Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri).

(Humas Setkab/ES)

 

 

Berita Terbaru