Terima Bintang Adipurna, Xanana Gusmao Teteskan Air Mata

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 10 Oktober 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 36.982 Kali
PM Timor Leste Xanana Gusmao terima Bintang Adipurna dari Presiden SBY, di Bali, Jumat (10/10)

PM Timor Leste Xanana Gusmao terima Bintang Adipurna dari Presiden SBY, di Bali, Jumat (10/10)

Di tengah-tengah kunjungan kerjanya ke Bali untuk membuka Bali Democracy Forum (BDF) VII, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menganugerahkan penghargaan penghargaan Bintang Republik Indonesia Adipurna kepada Presiden Filipina Benigno Simeon Aquino III dan Perdana Menteri (PM) Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao, di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Jumat (10/10) siang.

Dalam sambutannya, Presiden SBY mengatakan,   Presiden Aquino III layak mendapatkan penghargaanBintang Adipurna  atas jasa-jasanya memberikan kontribusi yang signifikan atas hubungan bilateral yang telah membuka banyak kesempatan di berbagai bidang bagi kedua negara, seperti di sektor ekonomi di bidang perdagangan dan zona ekonomi eksklusif ZEE.

“Indonesia sangat menantikan kerja sama yg lebih jauh lagi antara Indonesia dan Filipina dalam Komunitas ASEAN,” pungkas SBY.

Sementara Presiden Filipina Benigno Simeon Aquino III mengatakan, adalah kehormatan yang langka bagi dirinya untuk menerima Bintang Republik Indonesia Adipurna dari Presiden SBY dan rakyat Indonesia.

Menurut Aquino III, terdapat kesamaan beberapa kata dalam Bahasa Filipina dan Bahasa Indonesia, yaitu kata cinta, anak, dan balik. “Ketiga kata tersebut memiliki pengucapan dan arti yang sama baik dari bahasa Filipina maupun Indonesia,” ujarnya.

Presiden Aquino juga mengungkapkan rasa bersyukurnya atas solidaritas Indonesia kepada bangsa Filipina yang terkena badai taifun beberapa waktu yang lalu.

“Bapak Presiden, Anda tidak hanya menjadi teman tapi juga kakak bagi banyak bangsa,” kata Presiden Aquino.

Teteskan Air Mata

Sementara itu Perdana Menteri (PM) Timor-Leste Kay Rala Xanana Gusmao tidak bisa menahan rasa harunya saat menerima penganugerahaan Bintang Adipurna dari Presiden SBY. Saat menyampaikan sambutannya, PM Timor Leste itu nampak meneteskan air mata.

“Penghargaan Bintang Adipurna itu merupakan penghormatan besar bagi diri saya. Terima kasih sata atas nama rakyat Timor Leste,” kata PM Xanana Gusmao yang mengaku merasakan persaudaraan yang erat antara Indonesia dan Timor Leste.

Sementara Presiden SBY mengatakan, kontibusi PM Xanana Gusmao yang telah menunjukkan komitmen serius untuk membangun pondasi yang kuat dalam hubungan bilateral kedua negara.

Presiden SBY menilai, Indonesia-Timor Leste tidak hanya telah menjadi tetangga yang baik tapi juga teman yang baik. Ia menyebutkan, selama ini, terdapat 49 perjanjian yang telah ditandatangani dalam berbagai bidang, di antaranya perjanjian perbatasan dan kerjasama ekonomi dimana perdagangan bilateral Indonesia-Timor Leste terus meningkat setiap tahunnya.

Di bidang pendidikan, hingga tahun 2013 saja, lebih dari 9000 warga Timor Leste menempuh pendidikan di Indonesia.

Penghargaan Bintang Republik Indonesia Adipurna tersebut merupakan penghargaan yang tertinggi yang dapat diberikan Pemerintah Indonesia kepada warga negara asing.

Dalam penganugerahan penghargaan Bintang Adipurna itu antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menlu Marty Natalegawa, Menkumham, Amir Syamsudin, dan Gubernur Provinsi Bali Made Mangku Pastika. (Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru