Terima Presiden Jokowi, PM Timor Leste: Kami Tidak Akan Terkejut Indonesia Jadi Negara Besar

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 26 Januari 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 23.291 Kali
Presiden Jokowi dan PM Rui Maria Araujo menyampaikan hasil pertemuan bilateral di Kantor PM, Dili, Timor Leste (26/1). (Foto:Humas/Rahmat)

Presiden Jokowi dan PM Rui Maria Araujo menyampaikan hasil pertemuan bilateral di Kantor PM, Dili, Timor Leste (26/1). (Foto:Humas/Rahmat)

Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) Dr Rui Maria Araujo menilai, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia telah menjadi salah satu negara dinamis baik di tingkat regional maupun global.

“Kami tidak akan terkejut jika Indonesia menjadi salah satu negara terbesar di dunia,” kata PM Rui dalam keterangan pers setelah menerima kunjungan Presiden Jokowi, di Istana Perdana Menteri, Dili, Timor Lesete, Senin (26/1)  mulai pukul 14.15 waktu setempat.

PM Rui mengapresiasi adanya penandatanganan kerja sama antara pemerintah RI dengan pemerintah Timor Leste dalam bidang kelautan dan perikanan, terutama mengenai batas lalu.

“Kedua negara menjadi lebih jelas dalam hal batas laut maritim dan akan menyepakati beberapa hal tersebut,” ungkap PM Rui.

Kerja sama lain yang dilakukan antara Indonesia dan Timor Leste adalah di Bidang ESDM, Kelautan dan Perikanan, Kearsipan, dan juga kepemudaan.

Menurut PM Rui, adanya kerja sama pemerintah RI dengan pemerintahan Timor Leste itu memperlihatkan ikatan yang sangat kuat antar kedua negara.

Negara Pertama

Sementara itu Presiden Jokowi dalam keterangan persnya mengemukakan, bahwa Timor Leste merupakan negara pertama yang dikunjungi tahun 2016.

“Indonesia menegaskan bahwa sebagai mitra kerja utama bagi negara Timor Leste,” kata Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan bilateral tadi, Indonesia dan Timor Leste berkeinginan untuk menyelesaikan batas darat dan batas laut pada kuartal pertama 2016.

Di bidang ESDM, infrastruktur dan BUMN Indonesia akan terus meningkatkan kerja sama di Timor Leste.

Selanjutnya di bidang perbankan dan telekomunikasi juga akan terus ditingkatkan seperti PT Telkom dan Bank Mandiri.

Untuk people to people contact, Indonesia menandatangani kerja sama dalam hal penerbangan dan pengembangan dirgantara. (EN/ES)

Berita Terbaru