Terima Presiden Sauli Niinisto, Presiden Jokowi: RI – Finlandia Kerjasama Promosi Perdamaian Dunia

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 3 November 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 20.621 Kali
Presiden Jokowi menunjukkan sesuai kepada Presiden Finlandia Sauli Vainamo Niinisto, yang mengunjunginya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/11) sore

Presiden Jokowi menunjukkan sesuai kepada Presiden Finlandia Sauli Vainamo Niinisto, yang mengunjunginya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/11) sore

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Presiden Finlandia Sauli Vainamo Niinisto dan Ibu Negara Jenni Hauki, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/11) sore. Presiden Jokowi menyambut kunjungan  Presiden Finlndia itu dengan upacara penyambutan kenegaraaan, dan mengumandangkan lagu kebangsaan kedua negara.

Seusai mengikuti upacara penyambutan, Presiden Jokowi mengajak tamunya Presiden Finlandia Sauli Vainamo Niinisto  untuk berbincang di teras belakang Istana Merdeka. Selanjutnya kedua petinggi negara melakukan pertemuan di ruang tengah Istana Merdeka untuk membahas kerjasama bilateral.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengharapkan kerjasama RI dengan Finlandia yang telah berlangsung selama 61 tahun bisa semakin baik dengan adanya pertemuan ini.

“Terimakasih atas kehadiran Presiden Finlandia dan juga para delegasi. Saya yakin pertemuan ini akan semakin mempererat kerjasama kedua negara, baik di tingkat bilateral, regional maupun di tingkat global,” kata Presiden Jokowi seraya menyebutkan, hubungan baik Indonesia  dengan Finlandia telah terbina selama 61 tahun, dan berharap hubungan ini akan semakinlebih baik dan membawa manfaat kedua negara.

Dalam pertemuan in juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman kedua negara, di antaranya di bidang ekonomi,  kerjasama bilateral di Uni Eropa, dan perdamaian dunia.

“Saya ingin menekankan tiga bidang kerjasama, yang pertama peningkatan kerjasama ekonomi khususnya energi dan ekonomi digital, yang kedua peningkatan hubungan Indonesia dengan Finlandia dalam konteks Uni Eropa, yang ketiga kerjasama promosi untuk perdamaian dunia,” kata Presiden Jokowi.

Sementara Presiden Finlandia Sauli Vainamo Niinisto mengucapkan terima kasih atas sambutan Presiden Jokowi, dan berharap melalui  pertemuan ini bisa terjalin kerjasama kedua negara.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menko Polhukam Luhut B. Pandjaitan, Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menlu Retno LP Marsudi, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri ESDM Sudirman Said, Mendag Thomas Lembing, dan Menristek Dikti M. Nasir. (FID/RAH/ES)

 

 

Berita Terbaru